Cara membuat krim pelembab

cara membuat krim pelembabPada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang bagaimana caranya membuat pelembab yang mengandung emollient, gliserin dan pelidung dari matahari. Emollient merupakan senyawa yang dapat menghaluskan kulit dan berfungsi untuk mempertahankan kadar kelembaban.

Sedangkan gliserin berguna untuk menyerap kelembaban udara dan meletakkannya pada sel-sel kulit, sedangkan pelindung yang digunakan adalah SPF, berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya sinar matahari.

Bukan hanya melindungi kulit dari paparan sinar ultravioloet, namun juga dapat menangkal bahaya infeksi akibat bakteri maupun kuman. Bila kita membeli produk pelembab yang memiliki fungsi-fungsi di atas maka dapat dipastikan produk tersebut dibandrol dengan harga tinggi.

Oleh sebab itu kita bisa membuatnya sendiri dengan beberapa bahan dasar yang mudah didapat, dan tentunya dengan biaya yang jauh lebih murah dibanding produk pelembab komersil.

Berikut ini adalah cara membuat krim pelembab yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit, melindungi dari sinar matahari dan sekaligus dapat menghaluskan kulit.

Langkah pertama

Rendam satu gelas air putih dan diamkan sampai mendidih, setelah mendidih tuangkan ke dalam mangkuk atau wadah. Masukkan satu kantong teh hijau kedalamnya dan biarkan selama beberapa menit.

Setelah warna air berubah menjadi kehitaman atau kecoklatan, angkat kantung teh tersebut dan buang airnya, kita hanya akan menggunakan kantong teh yang telah direndam tadi.

Langkah kedua

Haluskan beberapa kacang almond dan masukkan ke dalam panci, campurkan ke dalamnya minyak biji gandum dan beberapa tetes madu. Nyalakan api dan aduk ketiga bahan di atas agar semuanya merata.

Api yang kita gunakan tidak boleh terlalu besar karena justru dapat menghilangkan kandungan penting pada tiga bahan tadi. Minyak almond berguna untuk melindungi lapisan kulit terluar.

Langkah ketiga

Setelah semua bahan tadi meleleh dan berbaur menjadi satu, matikan api dan tuangkan ke dalam mangkuk. Campurkan dengan daging lidah buaya, kantung teh dan gliserin.

Daging lidah buaya berguna sebagai media penyembuhan, sedangkan gliserin telah dijelaskan di atas manfaatnya. Teh hijau digunakan karena mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal bahaya radikal bebas.

Langkah keempat

Setelah semua bahan kita campurkan, kini masukkan ke dalam blender lalu nyalakan alat penghalus tersebut. Tunggu beberapa menit untuk memastikan semua bahan-bahan yang dimasukkan benar-benar halus.

Hasil dari blender tersebut akan berbentuk krim atau pasta, ini adalah tahap terkahir karena setelahnya kita hanya perlu menyiapkan wadah kedap udara untuk menyimpan krim pelembab tersebut.

Langkah kelima

Tuangkan isi blender ke dalam wadah kedap udara dan tutup rapat, masukkan ke dalam lemari pendingin agar bisa digunakan pada saatnya nanti. Kenapa harus lemari pendingin? Karena krim yang kita buat sama sekali tidak mengandung bahan pengawet, sehingga hanya suhu dinginlah yang dapat mempertahankan semua kandungannya.

Jika disimpan dalam lemari pendingin maka krim tersebut dapat bertahan hingga enam bulan ke depan.

tags: