Cara membuat krim malam

membuat krim malamKrim malam digunakan untuk menjaga kelembaban kulit dan kesehatannya saat kita tertidur, sebenarnya krim ini hanya dianjurkan untuk digunakan sesekali saja karena jika digunakan terlalu sering justru dapat menyebabkan kulit kering.

Jika kita membeli produk ini maka kandungan yang erdapat di dalamnya meliputi gliserin sayuran, humektan serta madu. Ketiganya berfungsi untuk menyerap cairan dari udara ke kulit.

Menurut beberapa ahli, glisering dari sayuran memiliki sifat yang dapat memberikan manfaat pada kulit seperti melembutkannya, meredakan peradangan atau iritasi dan terakhir menjaga kelembabannya.

Krim malam juga bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah kulit yang biasa ditemukan pada kulit kering seperti pecah-pecah, kusam dan bersisik. Kita memiliki dua opsi yakni membelinya dan langsung menggunakannya atau dengan membuat sendiri krim tersebut.

Jika ingin mencoba membuat krim malam, silahkan ikuti beberapa langkah mudah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut adalah cara membuat krim malam yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, pecah-pecah dan menjaga kelembaban alami kulit.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Dua sendok makan glisering
  • Tiga sendok makan madu
  • Tiga sendok makan minyak gandum
  • Satu sendok makan air mawar
  • Lima tetes minyak esensial
  • Mangkuk atau wadah

Untuk gliserin kita bisa mendapatkannya di toko penjual peralatan kecantikan, sedangkan untuk minyak esensial yang bisa kita gunakan silahkan lihat penjelasan di halaman berikut ini [Baca: Tiga jenis minyak esensial yang dapat mengatasi rambut rontok].

Meskipun keterangan tersebut sedang membahas masalah penanggulangan kerontokan, namun minyak ketiga minyak tersebut bisa kita gunakan untuk kulit dan pembuatan masker.

Langkah dan tahapan

Masukkan gliserin ke dalam mangkuk lalu campurkan minyak gandum dan madu ke dalamnya. Aduk kuat-kuat sampai semua bahan-bahan tersebut rata.

Alasan kenapa kita menggunakan minyak gandum karena minyak ini dikenal memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dan berguna untuk kulit, teori ini dinyatakan oleh Mountain Rose Herbs.

Jangan lupa untuk menambahkan air mawar kemudian aduk lagi selama lima menit atau sampai berubah menjadi krim atau pasta. Setelah berubah menjadi krim, pindahkan ke wadah kedap udara dan simpan di tempat yang bersuhu sejuk.

Krim ini bisa kita simpan selama enam bulan, jadi dalam rentang waktu tersebut kita tidak perlu membuatnya lagi. Untuk pemakaian, kami rasa semua sudah mengetahuinya dengan baik jadi tidak perlu dijelaskan lagi di sini.

Tips dan saran

Usahakan untuk menggunakan minyak gandum karena ini yang memiliki vitamin E tinggi, namun jika tidak atau kesulitan menemukannya maka kita bisa menggantinya dengan alpukat yang telah dihaluskan sebelumnya.

Sedangkan untuk minyak esensial, kita bisa menggunakan olive oil atau minyak zaitun dan lainnya. Keterangan lebih lanjut silahkan buka halaman yang telah disediakan tautannya di atas.

tags: