Cara Melembabkan Kaki Dengan Scrub Buatan Sendiri

cara melembabkan kakiKaki adalah bagian tubuh yang kurang mendapat perhatian, oleh karena itu jangan heran jika bagian ini cenderung kering dan bersisik. Produk pelembab yang biasanya digunakan untuk melembabkan wajah dan tangan pun terkadang tidak mampu mengembalikan kelembaban kaki.

Bila sudah begini, maka cara melembabkan kaki alternatif yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan scrub. Scrub yang nanti akan kita buat sendiri ini bukan hanya berguna untuk mengembalikan kelembaban kaki yang hilang, namun juga mampu meringankan rasa sakit dan tumit kering.

Scurb ini menggunakan tiga bahan dasar utama yang semuanya bisa kita dapatakan dengan mudah, dan yang lebih penting lagi adalah kita tidak menggunakan bahan kimia sama sekali sehingga jauh lebih aman digunakan tanpa harus takut dengan efek samping di kemudian hari.

Berikut adalah cara melembabkan kaki dengan scrub yang kita buat sendiri menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan-bahan utama

  • 10 tetes minyak peppermint
  • Setengah cangkir gula pasir
  • Setengah cangkir olive oil atau minyak zaitun

Seperti terlihat di atas, scrub ini menggunakan tiga bahan sebagai bahan dasar utamanya. Setiap bahan dipilih karena memiliki fungsi dan manfaat masing-masing.

Minya peppermint bersifat sebagai anti inflamasi sehingga ampuh dalam meredakan atau meringankan nyeri otot di kaki akibat penggunaan sepatu hak tinggi.

Sedangkan gula pasir berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kaki akan lebih halus dan lembut, itu sebabnya kenapa gula selalu digunakan dalam setiap proses pengangkatan kulit mati.

Adapun minyak zaitun berguna untuk memberikan dan sekaligus menjaga kelembaban bagian kaki.

Karena scrub ini licin dan digunakan pada kaki, maka sebaiknya anda berhati-hati saat melangkah agar tidak terjatuh. Perlu diketahui pula bahwa bagi anda yang sedang mengandung dilarang keras menggunakan minyak peppermint, jadi lewatkan saja bahan yang satu ini.

Petunjuk pembuatan

Cara pembuatan scrub untuk melembabkan kaki ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, waktu yang dibutuhkan hanya berkisar antara empat sampai tujuh menit saja.

Silahkan ikuti petunjuk pembuatannya di bawah ini:

  1. Masukkan ketiga bahan di atas ke dalam sebuah mangkuk
  2. Aduk sampai rata selama tiga atau lima menit

Sangat mudah bukan? Hanya dalam beberapa menit saja scrub tersebut telah jadi dan siap digunakan. Adapun cara penggunaan scrub tersebut atau cara melembabkan kaki dengan scrub tidak jauh berbeda saat anda menggunakan produk pelembab lainnya.

Cukup balurkan scrub ke bagian kaki yang sudah dibasahi terlebih dahulu lalu lakukan sedikit pemijatan selama 5 sampai 10 menit, konsentrasikan ke bagian tumit yang kering. Ketika semuanya selesai basuh dengan air lalu keringkan dengan handuk lembut.

Anda juga bisa mencoba cara melembabkan kaki lainnya yang sudah pernah kami jelaskan di sini, semuanya masih tetap menggunakan bahan alami.

tags: ,