Cara melakukan terapi laser untuk jerawat di rumah

cara melakukan terapi laser untuk jerawatTelah kita ketahui bahwa terapi laser adalah salah satu metode untuk menghilangkan jerawat, metode ini pun telah diakui oleh para ahli medis dan dapat dibuktikan secara ilmiah.

Untuk melakukan perawatan ini kita bisa datang ke penyedia jasa atau dokter kulit, namun karena biaya yang harus dikeluarkan tergolong mahal maka tidak semua lapisan masyarakat dapat menjangkaunya.

Selain itu terapi ini juga harus dilakukan berulang kali sampai semua gangguan jerawat benar-benar hilang, dan biaya akan semakin membengkak karena harus merogoh kocek setiap sesinya.

Perawatan ini sebenarnya bisa kita lakukan sendiri di rumah, kita hanya perlu membeli perangkat yang dibutuhkan seharga satu juta hingga tiga juta tergantung dari merk perangkat tersebut. Namun karena terapi ini kita lakukan sendiri maka jelas membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian ekstra, karena bila tidak maka hasil yang didapat tidak akan maksimal dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada kulit.

Berikut ini adalah cara melakukan terapi laser untuk jerawat seperti dikutip dari beberapa sumber ahli.

Cara penggunaan

Pertama baca terlebih dahulu tata cara pemakaian perangkat tersebut mulai dari cara memegang dan bagaimana kita mengarahkan sinar laser ke bagian jerawat. Sorot bagian yang bermasalah dengan sinar laser dan tunggu selama beberapa menit.

Setiap bagian jerawat membutuhkan terapi tersendiri, oleh sebab itu jika gangguan ini telah meluas di wajah maka kita perlu memberikan terapi perbagian. Imbasnya waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan terapi ini bisa memakan wwaktu berjam-jam.

Reaksi kulit

Setelah beberapa kali pemakaian kita akan dapat melihat reaksi yang ditunjukkan oleh kulit, akan terjadi pengelupasan ringan dan proses regenerasi dapat berjalan lebih cepat. Fungsinya tentu saja untuk menggantikan jaringan permukaan kulit yang telah rusak akibat infeksi jerawat.

Selain itu menurut American Academy of Dermatology, langkah ini akan membuat produksi minyak menurun dan membersihkan semua penyumbat pada lubang pori.

Bila terapi ini dilakukan dengan benar dan sesuai dengan ketentuan berlaku maka sinar dapat masuk ke bagian bawah kulit dan mematikan bakteri atau kuman penyebab infeksi.

Hasil

Meskipun kita akan melihat perkembangan ke arah yang lebih baik, namun hasilnya tidak bisa disejajarkan dengan perawatan yang dilakukan oleh tenaga ahli. Mereka jelas memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang bagaimana cara melakukan terapi secara efektif.

Namun karena biaya yang kita keluarkan lebih murah maka melakukan perawatan sendiri di rumah layak dipertimbangkan, dengan syarat semua dilakukan secara hati-hati dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan di atas.

Saran

Metode ini akan lebih efektif jika disertai debngan perubahan pola makan ke arah yang lebih sehat, selain itu lakukan pembersihan wajah secara teratur dengan produk pembersih yang dapat menghilangkan bakteri dan kuman.

Kita juga bisa mengkombinasikannya dengan menggunakan krim benzoil peroksida agar gangguan tersebut lebih mudah dan cepat disingkirkan. Bila semua hal tersebut kita lakukan secara rutin maka kita sudah bisa melihat hasilnya 4 sampai 6 hari kemudian.

tags: