Cara melakukan spa rambut

cara melakukan spa rambutSpa rambut adalah satu cara terbaik untuk meningkatkan keindahan serta mempertahankan kesehatannya, jika aktifitas ini dilakukan secara rutin maka akan kembali bersinar.

Teknik perawatan ini biasanya banyak kita jumpai di salon kecantikan dan biayanya masih terlalu tinggi untuk sebagian diantara kita, sebenarnya perawatan ini bisa kita lakukan di rumah dan biaya yang harus dikeluarkan pun jauh lebih murah.

Spa rambut terdiri dari beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Pemijatan kulit kepala
  • Penggunaan sampo
  • Penggunaan masker rambut
  • Kondisioner

Cukup dengan melakukan empat langkah di atas maka kualitas spa yang kita lakukan di rumah tidak kalah dengan spa yang dilakukan di salon-salon kecantikan.

Lalu bagaimana cara melakukan langkah-langkah tersebut? Berikut adalah panduan dan cara melakukan spa rambut di rumah guna mengembalikan keindahan rambut dan membuatnya lebih bersinar alami.

Pemijatan

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah pemijatan kulit kepala, ini dasar dari spa rambut. Pemijatan ditujukan untuk mengatasi kerusakan dan kerontokan.

Saat melakukan langkah ini dianjurkan untuk menggunakan olive oil, pemijatan menggunakan ujung jari jemari dan dilakukan selama 10 menit tepat sebelum kita masuk pada langkah kedua.

Penggunaan sampo

Setelah pemijatan selesai dilakukan kini saatnya masuk pada tahap kedua yakni keramas dengan menggunakan sampo ringan sesuai dengan jenis rambut yang kita miliki.

Oleskan sampo ke kulit kepala dengan ujung jari selama 5 atau 6 menit kemudian diamkan selama 2 menit agar nutrisi pada sampo tersebut dapat diserap oleh kulit, setelah itu bilas sampai bersih dengan air dingin.

Penggunaan kondisioner

Kondisioner digunakan untuk membuatnya lebih lembut dan mudah ditata serta menyejukkannya. Oleskan produk kondisioner pada helaian rambut dan diamkan selama 5 menit kemudian cuci bersih dengan air dingin.

Jika memungkinkan gunakan selalu kondisioner herbal karena banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan darinya, silahkan baca di sini untuk mengetahui apa saja khasiat kondisioner jenis ini [Baca: Manfaat kondisioner herbal].

Penggunaan masker rambut

Langkah terkahir dari metode ini adalah dengan mengoleskan masker yang dirancang untuk rambut, ada beberapa jenis masker yang bisa kita gunakan dan beberapa diantaranya telah kita bahas pada kesempatan terdahulu.

Jika rambut kita kering maka gunakan resep masker yang pernah di tulis di halaman ini [Baca: Cara membuat masker untuk mengatasi rambut kering], sedangkan untuk rambut rusak silahkan gunakan resep ini [Baca: Cara membuat masker untuk mengatasi kerusakan rambut].

Silahkan pilih salah satunya mana yang menurut anda paling cocok lalu terapkan dan tutup dengan handuk atau kain tipis selama satu jam penuh.

Setelah satu jam kita bisa membilasnya dengan air dingin dan mengeringkannya dengan kain yang lembut. Ingat, jangan pernah sekalipun menggosokkan handuk, biarkan mengering dengan sendirinya. Handuk hanya kita gunakan untuk menyerap sisa air berlebih.

tags: