Cara melakukan mikrodermabrasi di rumah

mikrodermabrasi di rumahSeperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya bahwa mikrodermabrasi adalah salah satu teknik pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan butiran kristar halus.

Teknik perawatan ini bukan tidak memiliki resiko, ada banyak efek samping yang mungkin didapat oleh para pengguna. Untuk mengetahui efek tersebut silahkan buka halaman berikut [Baca: Efek samping mikrodermabrasi].

Oleh karenya sebelum kita berniat melakukan hal ini maka sebaiknya pelajari dulu semua hal yang berhubungan dengan metode ini dan persiapkan segalanya untuk meminimalisir efek yang mungkin kita temukan.

Terlebih jika anda akan melakukan metode tersebut di rumah, maka banyak hal yang harus diwaspadai. Maka dari itu ikuti semua langkah dan tahapan di bawah ini dengan benar agar terhindar dari hal-hal buruk.

Berikut ini adalah beberapa tahapan dan cara melakukan mikrodermabrasi di rumah seperti dikutip dari beberapa ahli perawatan kulit.

Tahap satu

Pertama kita harus membersihkan wajah secara menyeluruh, gunakan pembersih wajah yang dapat mengangkat semua kotoran dan noda dari permukaan dan pori-pori kulit.

Setelah dipastikan bersih maka keringkan dengan menempelkan handuk kering ke wajah, cukup tempelkan dan jangan digosok untuk menghindari iritasi.

Tahap dua

Oleskan krim mikrodermabrasi secara merata ke kulit, lakukan dengan lembut dan jangan ada tekanan pada kulit sama sekali. Krim mikrodermabrasi sudah banyak dijual di toko kecantikan dengan harga relatif murah.

Penting untuk diingat bahwa cukup gunakan sedikit saja dan hindari penggunaan krim dalam jumlah besar, krim ini bersifat keras dan dapat menimbulkan gangguan bila dipergunakan secara berlebihan.

Saat menerapkannya, oleskan dengan ujung jari kita dan lakukan dengan gerakan melingkar. Hindari area mata karena bisa berakibat buruk bila indra pengelihatan ini terpapar oleh krim ini.

Untuk lebih amannya, silahkan gunakan irisan ketimun untuk melindungi indra pengelihatan kita.

Tahap tiga

Bilas sampai bersih wajah kita dengan air hangat, agar lebih mudah melakukannya kita bisa menggunakan kain yang telah dicelupkan ke air hangat tersebut.

Angkat semua sisa krim mikrodermabrasi dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Jika langkah ini benar sudah dilakukan maka saat kita menyentuh kulit akan terasa lebih lembut dari sebelumnya.

Tahap empat

Oleskan pelembab secara merata untuk melindungi jaringan kulit baru yang sekarang berpindah ke permukaan. Hindari paparan sinar matahari dalam beberapa hari mendatang agar tidak terjadi perubahan warna kulit karena paparan tersebut.

Perlu diketahui bahwa pada tahap ini, kita akan mendapati warna kulit akan sedikit lebih merah. Bila anda sebelumnya membaca penjelasan dasar teknik ini maka pasti telah mengetahuinya, jika belum maka kami sarankan untuk membacanya di sini [Baca: Mikrodermabrasi dalam perawatan kulit].

Di saat seperti ini kondisi kulit sangat rentan dan rapuh dengan berbagai hal yang ada di sekelilingnya, oleh sebab itu hindari sebisa mungkin paparan sinar matahari dan penggunaan kosmetik untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

tags: