Cara efektif menghilangkan kutu rambut

menghilangkan kutu rambutGangguan kutu rambut biasanya terjadi pada anak-anak dan sangat jarang ditemukan pada remaja, meskipun demikian tetap tidak menutup kemungkinan kutu rambut menyerang remaja dan orang yang lebih tua.

Jika anda termasuk salah seorang yang sedang berhadapan dengan gangguan kutu rambut atau hanya sekedar menggali semua informasi terkait masalah ini, silahkan baca beberapa point penting di bawah ini.

Berikut ini adalah cara efektif menghilangkan kutu rambut disertai dengan penjelasan lengkap mengenai seluk-beluk gangguan tersebut.

Tentang kutu rambut

Kutu yang lebih sering ditemukan pada kepala manusia ini bermula dari berkembang biaknya parasit bernama Pediculus humanus capitis. Parasit ini bukan hanya berkembang biak di bagian kepala saja, namun juga dapat hidup di seluruh bagian tubuh yang ditumbuhi oleh rambut.

Proses penularan biasa terjadi terjadi kontak antara dua kepala, ini biasanya terjadi pada anak-anak di sekolah. Selain itu penggunaan sisir atau sikat rambut secara bergantian juga ditengarai membantu proses penularan.

Gejala awal

Gejala yang sering dialami oleh para korban biasanya ditemukan rasa gatal menyengat pada bagian kulit kepalanya. Ini adalah tanda awal serangan kutu, bila langkah dan solusi yang diambil tidak tepat dapat memperparah keadaan.

Selain rasa gatal, gigitan juga termasuk dalam salah satu tanda dari gangguan ini. Jika rambut kita tergolong panjang maka bekas gigitan dapat terlihat di bagian leher.

Gejala lainnya yang pernah ditemukan pada beberapa kasus adalah terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening.

Pengobatan

Untuk mengatasi hal ini, kita harus melakukan tiga langkah mudah yang akan dijelaskan di bawah ini. Dianjurkan untuk melakukan semua tips dan anjuran berikut agar gangguan tersebut dapat segera diatasi.

1. Gunakan handuk terpisah

Untuk mencegah penularan maka kita bisa mulai untuk menggunakan handuk sendiri-sendiri. Kebiasaan ini harus dimulai sedini mungkin di lingkungan keluarga agar anak-anak akan terbiasa.

Langkah ini lebih menitikberatkan pada bagaimana cara mencegah datangnya masalah, sebenarnya bukan hanya handuk tapi juga meliputi sisir, sikat rambut dan perangkat lainnya.

2. Menggunakan bahan tradisional

Langkah kedua yang bisa kita coba adalah menggunakan bahan alami untuk membasmi kutu tersebut. Opsi pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun dan minyak pohon teh.

Campurkan empat sendok minyak zaitun ke dalam satu sendok minyak pohon teh, aduk beberapa saat lalu oleskan pada kulit kepala dan seluruh helaian rambut. Tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan sampo herbal.

Langkah ini membutuhkan waktu hingga satu minggu oenuh, jika dilakukan setiap hari maka dalam 7 hari semua kutu akan dapat kita musnahkan.

3. Menggunakan sampo

Langkah ini bisa dikombinasikan dengan langkah nomor dua atau bisa juga dijadikan sebagai pengganti tips nomor dua. Kita hanya harus membeli produk sampo yang dirancang untuk membasmi kutu rambut. Sampo seperti ini telah banyak dijual dan harganya pun relatif murah.

tags: