Cara cepat mengeringkan jerawat

mengeringkan jerawatSaat sel kulit mati dan minyak berlebih menyumbat pori-pori, maka akan terbentuk benjolan pada permukaan kulit. Benjolan ini sering dinamakan dengan jerawat.

Jerawat menyebabkan peradangan pada area di sekitarnya, itulah mengapa kadang kita merasakan rasa sakit dan gatal pada bagian yang dekat dengan jerawat.

Untuk mengatasi rasa gatal dan sakit tersebut, kita sudah membahasnya kemarin. Silahkan baca artikel berikut jika belum membacanya [Baca: Mengatasi rasa gatal akibat jerawat].

Sleian gatal, kulit akan mengalami peradangan dan kadang disertai dengan luka, peradangan inilah yang dapat memperparah keadaan karena bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak di area tersebut.

Untuk mengatasi persoalan itu, kita bisa mencoba beberapa langkah mudah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut adalah cara cepat mengeringkan jerawat agar dapat segera disembuhkan dan dihilangkan.

1. Membasuh muka dua kali sehari

Saat peradangan terjadi, kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan wajah agar luka tersebut tidak dijadikan tempat oleh bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

Agar luka tidak menjalar ke bagian lain, lakukan metode pengangkatan sel kulit mati dengan scrub. Terkait dengan hal ini silahkan baca panduan membuat scrub di halaman berikut [Baca: cara membuat scrub untuk wajah].

2. Beralih ke produk cair

Jika selama menggunakan produk komersil berbentuk cream kulit kita sering bermasalah dengan jerawat dan komedo, maka cobalah untuk beralih ke produk berbasis cair.

Hal dilakukan untuk menghindari segala kemungkinan buruk seperti bertambah parahnya luka dan gangguan komedo, produk berbasis cair diyakini bersifat noncomedogenic yang tidak menyebabkan masalah baru.

3. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat

Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya bahwa produk yang seharusnya digunakan konsumen saat bermasalah dengan jerawat adalah produk yang mengandung asam salisilat dan benzoil.

Kedua senyawa tersebut diyakini para ahli dapat membuka pori-pori sekaligus melakukan pengangkatan kulit mati.

4. Lakukan proses peremajaan kulit

Proses peremajaan kulit diperlukan untuk mengganti semua jaringan yang telah rusak, kita bisa meminta bantuan dokter untuk melakukan hal tersebut.

Selain itu, kita juga bisa mencobanya sendiri di rumah, untuk panduan lengkapnya bisa dibaca di halaman ini [Baca: cara meremajakan kulit dengan masker madu].

Dengan melakukan empat langkah di atas diharapkan lesi atau luka yang diakibatkan oleh jerawat dapat segera dikeringkan, jika luka tersebut mengering maka kita dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut.

Sebagai langkah pencegahan tambahan, hindari untuk menyentuh bagian yang bermasalah tersebut agar tidak terjadi perpindahan bakteri dari kulit ke tangan.

Jika tangan yang telah dihinggapi bakteri terebut menyentuh bagian lainnya, maka ada kemungkinan terjadi perpindahan bakteri dari tangan ke bagian kulit yang masih sehat.

Jika sudah begini, besar kemungkinan bakteri yang dimaksud dapat menginfeksi area lain yang masih sehat.

tags: