Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

cara ampuh menghilangkan bekas jerawatMungkin ini adalah seri terakhir dari tulisan kami yang mengulas topik tentang menghilangkan bekas jerawat, sebelumnya kami telah mempublikasikan sekitar 22 artikel yang membahas secara khusus tentang tema ini.

Untuk lebih lengkapnya silahkan anda buka rubrik ‘cara menghilangkan bekas jerawat‘ dan silahkan anda ikuti tips di halaman mana yang menurut anda lebih mudah diikuti.

Perlu kita ketahui bersama bahwa dari hasil study yang baru-baru ini dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa hampir 95% penderita gangguan jerawat mengalami masalah dengan bekas yang ditinggalkannya.

Bekas luka akibat jerawat tersebut ada yang permanen dan ada pula yang sifatnya sementara. Untuk yang sifatnya sementara tidak membutuhkan pengobatan secara khusus karena dalam beberapa minggu atau bulan ke depan akan hilang dengan sendirinya.

Ciri dari bekas jerawat yang akan hilang dengan sendirinya ini biasanya tidak menyebabkan lubang atau kawah pada permukaan kulit. Sedangkan sebagian lainnya memiliki bekas luka yang lebih parah, terdapat kawah atau cekungan di permukaan kulit mereka.

Jenis bekas jerawat ini lebih sulit untuk disembuhkan dan tidak akan hilang dengan sendirinya. Jika tidak diobati dengan benar maka bekas tersebut akan tetap berada di sana.

Kali ini kita hanya akan melanjutkan pembahasan tentang metode yang dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat permanen, sebagian diantaranya sudah kami jelaskan di halaman berikut [Baca: Cara terbaik menghilangkan bekas jerawat].

Berikut ini adalah beberapa metode dan cara ampuh menghilangkan bekas jerawat yang membandel seperti dilansir oleh Audrey Kunin, MD.

Terapi laser

Metode yang paling disarankan dan telah banyak dibuktikan oleh banyak orang adalah terapi laser. Metode ini mempunyai dua bagian yakni resurfacing atau yang biasa disebut dengan ablative dan non-ablative.

Laser ablative bertujuan untuk menghilangkan lapisan permukaan kulit, membakar jaringan yang telah rusak dan memicu produksi kolagen agar kulit lebih kencang di kemudian hari. Hasilnya baru akan terlihat saat seseorang menjalankan tiga sampai lima kali terapi ini.

Adapun cara kerja laser non-ablative adalah dengan cara memanaskan kelenjar minyak pada kulit sehingga menurunkan produksi minyak. Selain kelenjar minyak, terapi ini juga mentargetkan kolagen agar kulit lebih kencang dan bekas jerawat dapat dihilangkan.

Penting untuk diingat bahwa terapi ini tidak boleh dilakukan sembarangan, harus dilakukan di bawah pengawasan para ahli atau dalam hal ini dokter kulit.

Subcision

Ini adalah sebuah metode di mana dokter kulit akan mengangkat bekas jerawat dengan benda tajam seperti pisau bedah atau jarum. Metode ini bertujuan untuk mengurai fibrosa pada jaringan parut atau jaringan kulit yang telah rusak sehingga ketegangan yang ada antara lapisan kulit luar dan lapisan dalam dapat berkurang.

Tujuan akhirnya adalah menginduksi kolagen dan regenerasi kulit baru yang akan mengembalikan kehalusan dan kelembutan kulit pasien.

tags: