Cara Aman Mengatasi Ketombe Pada Anak

Mengatasi Ketombe Pada AnakKetombe pada anak kecil bisa menimbulkan gangguan lain, ketombe yang disertai rasa gatal membuat mereka menggaruknya sehingga besar kemungkinan terjadi kerusakan di jaringan kulit kepala.

Munculnya ketombe dan rasa gatalo sekaligus bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti jamur, eksim, bakteri dan lainnya. Bila tidak segera diatasi mungkin dapat menyebabkan iritasi, peradangan dan luka di kulit kepala mereka akibat garukan tersebut.

Untuk mengurangi dan mengatasinya, silahkan ikuti beberapa tips di bawah ini. Berikut adalah langkah dan cara aman mengatasi ketombe pada anak seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Mengubah intensitas keramas

Jika bagi remaja dan orang tua lebih disarankan untuk mencuci rambut atau keramas sebanyak dua kali seminggu, maka untuk anak kecil dianjurkan untuk mengurangi intensitas tersebut. Idealnya adalah satu kali seminggu dengan menggunakan sampo yang diformulasikan untuk anak-anak, bukan untuk remaja apalagi orang tua.

Setelah pencucian rambut selesai, keringkan dengan cara sealami mungkin dan hindari penggunaan hair dryer pada rambut mereka. Langkah ini akan berhasil bila masalah ketombe yang mereka alami disebabkan oleh rambut kering.

2. Periksa kembali sampo yang digunakan dan ubah jika memang perlu

American Academy of Dermatology menyatakan bahwa untuk anak kecil, lebih dianjurkan menggunakan produk sampo yang bebas bahan pewangi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hampir semua produk sampo mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit kepala sebagian penggunanya.

Apabila iritasi, gatal-gatal dan ketombe tersebut muncul setelah penggunaan sampo (meskipun sampo tersebut diformulasikan untuk anak kecil), maka segera ganti dan beralih ke produk sampo lainnya.

Cobalah memilih sampo yang dibuat khusus untuk anak kecil dan diperuntukkan untuk kulit sensitif. Bila kondisi masih terus berlanjut, sebaiknya segera hubungi dokter.

3. Oleskan pelembab pada kulit kepala mereka

Dari pada harus menggunakan produk pelembab rambut yang beresiko menimbulkan efek pada anak, lebih baik buat dan gunakan saja bahan alami yang ada di sekeliling kita.

Penggunaan bahan alami ini telah terjamin aman dan tidak menimbulkan efek samping, untuk mengetahui bahan apa saja yang digunakan dan bagaimana cara pembuatannya, silahkan buka halaman ini [Baca: Cara membuat pelembab rambut secara alami].

4. Lakukan perawatan rambut dengan lembut

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang tua saat merawat rambut anak mereka adalah dengan menggosokkan handuk ke rambut setelah memandikan mereka. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena bisa merusak helaian rambut dan mengurangi kelembaban mereka.

Ketika kelembaban rambut hilang maka masalah lain akan segera muncul seperti ketombe, rambut kering atau bahkan kerontokan meskipun hanya bersifat sementara.

tags: