Cara alami menyamarkan bekas jerawat

cara alami menyamarkan bekas jerawatButuh waktu cukup lama untuk menyembuhkan bekas jerawat, proses ini sangat berhubungan erat dengan tingkat kecepatan regenerasi jaringan kulit serta level kerusakan yang diakibatkan oleh gangguan tersebut.

Kita bisa menempuh cara medis atau natural untuk mengatasinya, namun tentu saja keduanya membutuhkan waktu dan biaya. Waktu yang dibutuhkan untuk perawatan medis memang tergolong singkat, akan tetapi biaya yang harus dikeluarkan mungkin tidak dapat dijangkau oleh banyak orang.

Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan cara alami karena biaya yang dikelaurkan lebih murah dan aman digunakan. Untuk hasilnya sendiri tidak berbeda dengan pengobatan yang dilakukan secara medis.

Sebelum melanjutkan ke pokok permasalahan, perlu digarisbawahi bahwa semua langkah yang akan dijelaskan di bawah ini tidak berlaku jika bekas jerawat berbentuk lubang atau cekungan.

Jika bekas jerawat tersebut telah membentuk sebuah cekungan maka silahkan baca artikel kami yang lain. Berikut ini adalah cara alami menyamarkan bekas jerawat seperti dikutip dari Mayo Clinic.

1. Air

Salah satu obat alami yang tidak boleh dilupakan adalah air, air tidak hanya membantu kulit untuk mempertahankan kelembaban alaminya, namun juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh lewat kelenjar keringat.

Bila tubuh bebas racun maka gangguan kesehatan termasuk jerawat, komedo dan lainnya dapat dihindari sedini mungkin. Terkait dengan hal ini, American Chronicle menyarankan kita untuk meminum air minimal 7 sampai 8 gelas sehari.

2. Baking soda

Jika anda pernah menjalankan proses microdermabrasi, maka pada dasarnya konsepnya sama dengan penggunaan baking soda. Baking soda yang telah dicampuri air memiliki manfaat untuk mengangkat seluruh jaringan kulit mati yang berada di permukaan.

Dengan terangkatnya jaringan kulit mati, maka proses regenerasi dapat berjalan lebih cepat lagi dan tentunya bekas jerawat akan jauh lebih berkurang setelah proses pengangkatan kulit mati dilakukan.

Lalu bagaimana cara melakukan proses pengangkatan jaringan kulit tersebut dengan baking soda? Untuk lebih jelasnya, silahkan baca di halaman ini [Baca: Masker exfoliating dengan baking soda].

3. Vitamin E dan lidah buaya

Setelah proses pengangkatan jaringan kulit mati selesai dilakukan, sekarang tinggal mengoleskan produk pelembab yang memiliki efek penyembuhan. Pelembab seperti ini hanya bisa dijumpai dalam lidah buaya, tanaman ini mampu melembabkan kulit sekaligus memiliki fungsi penyembuh luka.

Agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal, silahkan kombinasikan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin E. Acne Treatment Specialist menyatakan bahwa vitamin E berguna untuk menyembuhkan luka langsung dari bagian kulit terdalam.

4. Minyak zaitun

Tidak kalah dengan llidah buaya, minyak zaitun juga dikenal mampu memberikan keloembaban pada kulit sekaligus mempercepat penyembuhan bekas luka atau bekas jerawat.

Cukup oleskan beberapa tetes minyak zaitun dibagian kulit yang bermasalah dan biarkan hingga mengering, ulangi langkah tersebut sebanyak tiga kali sehari. Bukan hanya dapat mempercepat penyembuhan bekas luka, namun minyak ini pun diketahui dapat meningkatkan kelenturan kulit. Jadi bila digunakan secara teratur maka kulit akan lembut dan kencang bebas keriput.

tags: