Cara alami mengendalikan kulit berminyak

mengendalikan kulit berminyakKita semua pasti telah mengetahui bahwa dibanding dengan jenis lainnya, kulit berminyak lebih rentan terhadap gangguan jerawat, komedo dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Masalahnya sekarang adalah bagimana bila kondisi ini telah ada semenjak kita dilahirkan? Tidak perlu berputus asa karena banyak langkah yang bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengatasinya.

Kita juga telah mengulas beberapa tips untuk mengatasi permasalahan ini, silahkan baca di sini atau di halaman ini. Kedua halaman tersebut merupakan sebagian kecil langkah untuk menanggulangi persoalan ini.

Selain itu ada salah satu langkah yang juga dikenal ampuh untuk mengendalikan produksi minyak sehingga kehadirannya dapat ditekan sekecil mungkin.

Berikut adalah beberapa cara alami mengendalikan kulit berminyak dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Bersihkan wajah dengan minyak lavender

Ini adalah cara termudah yang bisa kita coba, siapkan beberapa gelas produk susu cair bebas gula lalu masukkan beberapa tetes minyak lavender ke dalamnya. Aduk sampai merata lalu gunakan campuran tersebut untuk membasuh wajah.

Produk susu kita gunakan dengan tujuan untuk menyeimbangkan pH pada permukaan kulit, sedangkan minyak lavender dikenal sebagai salah satu pelembab alami paling bagus.

Menggunakan bubuk kunyit

Cara ini sebenarnya mirip dengan proses pembuatan masker, siapkan beberapa sendok bubuk kunyit dan campurkan dengan beberapa tetes cairan jeruk lemon.

Aduk keduanya sampai merata kemudian oleskan langsung pada wajah. Tunggu selama 18 sampai 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan kain.

Cairan jeruk lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C yang membantu kulit untuk memproduksi kolagen dan menjaga kebersihan kulit. Sedangkan kunyit adalah tanaman yang memiliki nilai ORAC tinggi.

Senyawa dalam kunyit tersebut dikenal ampuh dalam menangkal dan menghilangkan tanda penuaan akibat efek radikal bebas atau pola makan yang buruk.

Oleskan madu

Madu telah digunakan sejak ribuan tahun lalu dan dikenal sebagai antimikroba yang berguna untuk menyingkirkan segala macam bakteri berbahaya dan menyeimbangkan pH kulit.

Cara penggunaannya sangat mudah, kita hanya perlu mengoleskan madu ke seluruh wajah dan diamkan sampai mengering. Gunakan handuk yang telah dibasahi air hangat untuk mengangkat sisa masker tersebut.

Menggunakan minyak jojoba

Minyak ini sering dikaitkan dengan antiseborrhoeic, antiseptik serta berbagai kandungan penting lainnya yang mampu menyeimbangkan tingkah pH pada kulit.

Penggunaannya tidak jauh berbeda dengan langkah yang telah dijelaskan di atas, cukup oleskan beberapa tetes minyak tersebut ke wajah dan diamkan selama beberapa menit atau tunggu sampai mengering.

Gunakan air dingin atau hangat untuk mengangkat sisa minyak dan manfaatkan handuk untuk mengeringkannya.

Dengan menjalankan semua langkah di atas satu demi satu maka niscaya produksi minyak berlebih dapat kita kurangi. Akan tetapi bila masalah tersebut tetap terjadi maka hal terbaik adalah berkonsultasi langsung dengan dokter kulit.

tags: