Cara alami mengatasi uban

mengatasi ubanApakah uban sudah mulai menutupi rambut hitam anda sebelum waktunya? Bila iya maka banyak hal bisa dilakukan untuk menghentikan itu semua. Tentu saja salah satunya adalah menggunakan pewarna rambut.

Namun seperti kita ketahui bahwa penggunaan pewarna sangat beresiko, dan tentu saja itu tidaklah bersifat permanen karena hanya akan bertahan beberapa waktu saja.

Oleh sebab itu penggunaan produk pewarna untuk mengatasi uban sangat tidak dianjurkan, lalu adakah cara yang lebih baik dari itu? Ada dan kali ini kita akan mengulasnya bersama.

Berikut adalah cara alami mengatasi uban seperti dikutip dari beberapa sumber ternama dan jurnal online.

1. Konsumsi daging sapi

Sebenarnya daging sapi hanyalah salah satu contohnya saja, daging sapi adalah salah satu makanan yang syarat protein. Rambut kita membutuhkan banyak protein untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya.

Oleh sebab itu tidak ada cara lain selain memberikan asupan protein dalam jumlah cukup agar kesehatan rambut dapat kembali sediakala. Karena daging sapi hanyalah sebuah contoh, maka kita bisa mengkonsumsi alternatif lainnya yang tentu saja harus memiliki kandungan protein tinggi.

Beberapa makanan yang telah terbukti memiliki protein di dalamnya seperti telur, biji-bijian, kedelai dan sereal.

2. Perbanyak zat besi

Zat besi juga berguna untuk mendukung serta menjaga kesehatan rambut, oleh sebab itu perhatikan dengan baik kadar zat besi dalam makanan kita bila menginginkan rambut terbebas dari uban.

Makanan yang mengandung zat besi diantaranya tomat, sayuran berdaun hijau, kacang merah, yogurt, telur, tiram, biji bunga matahari, vitamin A dan vitamin B.

3. Konsumsi garam

Yodium yang terdapat pada garam berguna untuk memproduksi melanin, namun tidak semua garam baik untuk dikonsumsi. Hindari garam laut dan kosher karena keduanya justru akan menguras habis cairan dari dalam tubuh kita sehingga menyebabkan dehidrasi.

4. Hindari stres

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ada kaitan kuat antara stres dan masalah rambut seperti kerontokan dan uban. Cara terbaik untuk menghindari stres adalah dengan menjalankan pola makan dan gaya hidup sehat.

5. Gunakan mentega

Mentega yang terbuat dari susu sapi dapat mengurangi uban, untuk melakukannya kita harus memelehkan beberapa sendok teh mentega lalu oleskan secara merata ke kulit kepala sambil memijatnya secara perlahan. Lakukan hal ini sedikitnya satu kali sehari selama 2 sampai 4 minggu kedepan.

6. Gunakan gooseberry India

Bahan ini mungkin sulit ditemukan di Indonesia karena dari namanya saja buah ini banyak terdapat di India. Namun bila saatnya nanti kita memiliki buah ini maka bisa menggunakannya sebagai penghilang uban.

Caranya adalah dengan memotong buah tersebut kecil-kecil dan rendam dalam air selama beberapa menit. Angkat lalu masukkan ke dalam minyak kelapa mendidih.

Setelah selesai tunggu sampai dingin lalu oleskan buah tersebut ke kulit kepala, lakukan secara perlahan dan dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu.

Masih banyak cara lain yang bisa dicoba, beberapa diantaranya telah dijelaskan dalam artikel di halaman berikut ini [Baca: Cara menghilangkan uban], silahkan ikuti langkah di halaman tersebut jika cara yang ada di artikel ini terlalu sulit untuk diikuti.

tags: