Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

cara alami mengatasi rambut rontokKebotakan atau penipisan rambut adalah hal yang paling ditakutkan oleh wanita, apakah kaum hawa juga bisa mengalami kebotakan? Bisa dan sangat mungkin terjadi karena hormon yang cenderung tidak stabil di saat-saat tertentu.

Kebotakan pada wanita memang sedikit berbeda dengan apa yang terjadi pada pria, pada wanita biasanya diawali dengan penipisan rambut. Bila penipisan ini gagal di atasi maka pola kebotakan akan jelas terlihat.

Hal ini tentu saja merupakan hal yang paling tidak diinginkan oleh kaum hawa, karena bagi mereka rambut adalah segalanya. Kepanikan akan mulai menyergap saat mereka menyadari ada kerusakan pada rambut.

Sayangnya kebanyakan dari mereka justru mengambil langkah salah dalam mengatasinya sehingga kerusakan bertambah parah. Kesalahan paling umum yang biasa terjadi adalah memilih produk perawatan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Oleh sebab itu, tidak perlu panik saat itu terjadi. Karena keputusan yang diambil saat kita sedang panik cenderung tidak dipertimbangkan dengan baik. Keputusan yang tidak dipertimbangkan secara matang berpotensi membahayakan keselamatan kita sendiri.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, mulailah menjalankan beberapa langkah di bawah ini. Berikut ini adalah cara alami mengatasi rambut rontok seperti direkomendasikan oleh pakar kesehatan rambut.

1. Konsumsi air putih secukupnya dan hindari zat pewarna

Kerontokan bisa disebabkan oleh racun yang mengendap dalam tubuh kita, agar masalah ini teratasi perlu langkah tepat untuk mengeluarkan racun tersebut. Salah satu langkah yang dianjurkan para ahli adalah dengan meminum air putih sesuai kebutuhan tubuh.

Air putih memang diketahui dapat menyerap seluruh jenis racun dari dalam tubuh lalu kemudian mengeluarkannya melalui saluran pembuangan atau kelenjar keringat.

Penggunaan produk yang mengandung pewarna buatan juga harus dihentikan untuk sementara waktu, pewarna sintesis pada umumnya dihasilkan oleh kombinasi beberapa senyawa kimia yang mungkin berbahaya.

2. Gunakan minyak aromaterapi

Minyak aromaterapi biasanya pula disebut dengan minyak herbal, minyak ini akan sangat berguna mengurangi kerontokan sekaligus menguatkan akar rambut. Gunakan minyak tersebut untuk memijat kulit kepala dan lakukan secara teratur tepat menjelang tidur.

Banyak wanita yang telah merasakan manfaat dari langkah sederhana ini, kini giliran anda mencobanya.

3. Lakukan diet sehat

Diet sehat di sini maksudnya adalah mengibah secara total pola makan menjadi kearah yang lebih sehat. Prinsip dasarnya adalah mengurangi asupan lemak, kalori, gula dan garam serta meningkatkan konsumsi buah dan sayur serta sumber protein baik nabati ataupun hewani.

4. Manfaatkan lidah buaya

Untuk urusan rambut ronotk, tanaman lidah buaya paling dikenal masyarakat sebagai solusinya. Teori ini didukung oleh berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa dalam lidah buaya terdapat vitamin dan nutrisi yang dapat mengurangi masalah kerontokan.

Kita bisa mengambil cara tradisional yakni dengan mengoleskan daging lidah buaya langsung pada kulit kepala, atau bisa juga dengan menggunakan produk komersil yang memang dibuat secara khusus menggunakan ekstrak lidah buaya.

tags: ,