Cara Alami Mencegah Ketombe

cara alami mencegah ketombeKetombe merupakan gangguan yang bisa terjadi di kulit kepala, wajah, belakang hidung dan bagian tubuh lainnya, bila sebelumnya banyak orang beranggapan bahwa ketombe hanya muncul di kulit kepala maka penelitian yang dilakukan oleh para ahli menemukan fakta bahwa gangguan pengelupasan kulit ekstrim ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun.

Asumsi yang berkembang mengenai penyebab ketombe adalah diakibatkan oleh kulit kepala yang terlalu kering, padahal fakta menunjukkan hal sebaliknya. Ketombe lebih sering menimpa orang dengan kulit kepala berminyak.

Lalu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah kemunculan ketombe? Berikut adalah cara alami mencegah ketombe seperti dinyatakan oleh Dr. Andrew Weil.

Menggunakan sampo secara teratur

Perlu diperhatikan sebelumnya bahwa sampo yang dimaksud adalah sampo yang bersifat ringan dan tidak menyebabkan rambut kering. Jika kesulitan menemukan sampo seperti ini maka cobalah sampo yang terdiri dari minyak pohon teh atau sampo herbal.

Gunakan sampo ini setiap hari untuk mengurangi tumpukan minyak berlebih di kulit kepala, selain itu berfungsi untuk mengangkat seluruh kotoran dan debu yang menempel.

Sekali lagi perlu ditegaskan bahwa gunakan sampo yang bersifat ringan untuk menghindari rambut kering atau bercabang.

Gunakan black current oil

Black current oil adalah minyak yang menjadi sumber utama asam linolenat yang berguna untuk menjaga agar rambut dan kulit kepala tetap sehat.

Gunakan black current oil 500 mg dua kali sehari selama enam minggu, setelah masalah ketombe berkurang maka turunkan menjadi 250 mg setiap harinya.

Batasi asupan gula dan karbohidrat

Konsumsi makanan bergula tinggi atau makanan berkarbohidrat dapat meningkatkan pengelupasan di kulit kepala, untuk itu batasi konsumsi makanan yang memiliki kandungan keduanya. Beralihlah mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc, omega 3 dan vitamin B.

Berjemur di ruangan terbuka

Manfaatkan sinar ultraviolet untuk mengurangi ketombe, namun karena sinar ini juga dapat menyebabkan kanker kulit, radikal bebas dan berbagai macam kerusakan pada kulit maka dianjurkan untuk menggunakan tabir surya terlebih dahulu.

Waktu yang dibutuhkan saat berjemur hanya berkisar antara 5 sampai 10 menit, jangan lebih dari itu karena justu akan menyebabkan rambut kering.

Sedangkan waktu yang paling baik untuk berjemur antara pukul 7 sampai 8 pagi, lewat dari itu tidak dianjurkan karena sinar yang dihasilkan dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

Hindari stres

Stres dapat meningkatkan resiko seseorang terhadap berbagai gangguan medis termasuk ketombe. Oleh sebab itu hindari stres dan segera atasi dengan berbagai langkah yang dianjurkan dokter saat mengalaminya.

Jangan biarkan gangguan mental tersebut mempengaruhi kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Bila kelima langkah di atas dijalankan dengan baik maka niscaya kita dapat terhindar dari gangguan ketombe, namun bila gangguan tersebut tetap saja muncul maka segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah gangguan tersebut murni ketombe ataukah ada penyebab medis lainnya.

tags: