Buah pelindung kulit

buah pelindung kulitBuah memiliki banyak manfaat baik dalam dunia kecantikan maupun kesehatan, makanan ini seringkali disandingkan dengan sayur-mayur. Keduanya memang dikenal sebagai bahan makanan yang paling baik untuk tubuh manusia.

Selain baik untuk kesehatan, beberapa buah juga diketahui dapat menangkal radikal bebas yang diakibatkan oleh sinar matahari. Ya, fungsinya tidak berbeda jauh dengan tabir surya pada umumnya.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa buah dan sayur mengandung antioksidan dan senyawa penangkal iritasi. Oleh sebab itu senyawa didalamnya dapat mencegah gangguan peradangan akibat paparan sinar ultraviolet yang menyerang kolagen, jaringan dan DNA.

Lalu buah seperti apa yang memiliki peranan serupa dengan tabir surya? Di bawah ini ulasan selengkapnya. Berikut adalah beberpa jenis buah pelindung kulit dari bahaya sengatan sinar matahari.

1. Tomat

Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan terkait khasiat buah ini, salah satu hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa tomat adalah buah yang mengandung banyak antioksidan.

Antioksidan dalam tomat atau yang biasa disebut dengan likopen berfungsi untuk mengurangi masalah iritasi, pembengkakan, warna kemerahan pada kulit dan rasa sakit setelah terpapar sinar matahari.

Likopen ini akan lebih terasa manfaatnya bila kita mengkonsumsi tomat setelah dijadikan pasta dibanding mengkonsumsinya mentah-mentah. Semakin banyak likopen yang masuk ke dalam tubuh maka semakin sehat pula kulit kita.

2. Kakao

Biji yang merupakan bahan utama pembuatan coklat ini diketahui memiliki sifat antioksidan tinggi seperti halnya tomat, kandungan flavonol dalam secangkir kakao panas dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Para ahli menyimpulkan bahwa kakao yang mengandung flavonol paling tinggi adalah biji yang telah berwarna hitam dan dikonsumsi saat masih panas.

Minuman ini akan sedikit pahit, oleh sebab itu kita bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya agar lebih manis. Hindari penggunaan gula atau pemanis buatan karena tidak berdampak baik bagi kulit.

3. Asam lemak omega 3

Bukan hanya buah dan sayur, hewan yang hidup di laut pun memiliki kandungan yang baik untuk manusia, salah satunya adalah asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan salmond atau cod.

4. Cranberries

Buah ini memang tidak begitu dikenal di Indonesia, namun sudah isa dijumpai di pasar swalayan terdekat. Cranberries memiliki kandungan asam ellagic tinggi. Senyawa ini merupakan bentuk lain dari antioksidan yang juga berguna untuk mencegah radikal bebas sinar matahari.

Asam tersebut mencegah terjadinya pembentukan enzim yang dapat menghilangkan elastisitas kulit dan merusak kolagen. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur maka kulit akan terhindari dari tanda penuaan seperti kulit kendur dan keriput.

Nah itulah jenis buah dan sayur yang menurut para ahli dapat melindungi kulit dari berbagai bahaya akibat sinar ultraviolet, sebenarnya masih banyak lainnya namun belum sempat kami muat.

tags: