Buah apa yang baik untuk kulit?

buah yang baik untuk kulitBuah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia, menjaga organ jantung, mencegah berkembangnya sel kanker, menekan kadar gula serta masih banyak lagi lainnya.

Selain berguna dalam dunia kesehatan, buah juga diketahui sering digunakan untuk berbagai keperluan dalam dunia kecantikan. Hampir semua resep masker yang ada menggunakan buah sebagai bahan utama pembuatannya.

Namun tentu saja tidak semua buah baik untuk kulit, ada beberapa jenis yang tidak memiliki efek baik tersebut. Oleh sebab itu perlu kiranya mengetahui jenis buah apa saja yang terbukti dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut adalah beberapa jenis buah yang baik untuk kulit seperti dirangkum dari beberapa sumber ahli.

1. Jeruk

Jeruk sering juga disebut buah vitamin C, hal ini tidak lepas dari begitu tingginya kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin ini bukan saja berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit namun efektif dalam mencegah tumbuhnya sel-sel kanker pada manusia.

Menurut American Skin Association, seseorang yang mengkonsumsi jeruk setiap hari dan dilakukan dalam jangka panjang maka kekebalan tubuhnya akan meningkat serta mendapatkan kulit yang lebih halus dibanding orang lain.

Jangan lupa pula bahwa jeruk memiliki antioksidan tinggi sehingga mampu mencegah berbagai serangan penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, kanker kulit dan lain sebagainya.

2. Berries

Termasuk ke dalam kelompok buah ini adalah blackberry, raspberry, stroberi, ceri dan blueberry. Buah tersebut merupakan buah dengan indek glisemik rendah sehingga tidak menyebabkan naiknya kadar gula seseorang.

Menurut Universitas Maryland Medical Center, mengkonsumsi buah yang mengandung glisemik rendah dapat mencegah munculnya jerawat dan berbagai gangguan kulit lainnya, selain itu antioksidan di dalamnya juga berperan dalam mencegah kerusakan pada kulit.

3. Buah beta karoten

Buah yang memiliki warna orange selain jeruk menandakan kandungan vitamin A dan beta karoten tinggi, keduanya dikenal sebagai sumber antioksidan alami dan berguna sebagai anti jerawat.

Selain buah yang berwarna kuning, buah yang masuk dalam kelompok ini seperti semangka, pepaya, mangga, markisa, jambu biji, melon dan aprikot.

Vitamin A dalam buah tersebut bekerja seperti retinol, retinol sendiri merupakan obat anti jerawat yang paling banyak direkomendasikan dokter kulit.

4. Pisang dan nanas

Dalam kedua buah ini, terdapat vitamin B-1 dan B-6 yang begitu tinggi. Vitamin B- 1 berperan langsung terhadap berbagai tanda penuaan yang terjadi pada daerah sekitar mulut, hidung dan dagu.

Sedangkan vitamin B- 6 berguna untuk mencegah terjadinya retakan dan pengelupasan kulit di daerah yang disebutkan di atas.

Jika semua jenis buah di atas kita konsumsi setiap hari dan berkala maka kita akan mendapatkan bentuk kulit cantik dan bersinar tanpa harus menjalankan perawatan atau membuang biaya mahal.

Semua telah disediakan oleh alam, tinggal bagaimana cara kita memanfaatkan kekayaan alam tersebut.

tags: