Bisakah Makeup Mengubah Persepsi Orang Terhadap Anda?

Makeup Mengubah Persepsi OrangMeskipun persepsi orang tidak hanya ditentukan dari penampilan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan bisa mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap kita, setidaknya pada kesan pertama.

Pemilihan makeup yang tepat bukan hanya mampu meningkatkan penampilan seorang wanita di depan orang banyak, namun sedikit banyak dapat membuat perbedaan cara pandang orang terhadap kita.

Apa dasar atas teori tersebut? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai jawaban atas pertanyaan tentang apakah makeup mengubah persepsi orang terhadap kita.

Sebuah study yang pernah dilakukan pada tahun 2011 dan dipublikasikan dalam sebuah jurnal berjudul Applied Psychology menyebut bahwa seseorang yang memiliki bekas jerawat di wajahnya memiliki peluang lebih kecil untuk dapat lolos dalam wawancara kerja.

Penelitian tersebut setidaknya membuktikan bahwa penampilan seseorang memiliki pengaruh besar terhadap penilaian orang lain terhadap kita, dengan catatan orang tersebut belum mengenal terlalu jauh tentang kita. Makeup diciptakan untuk berbagai macam tujuan seperti menyamarkan bekas jerawat, menutupi berbagai macam kekurangan pada kulit wajah dan lain sebagainya.

Pemilihan dan penggunaan makeup yang sesuai dan tepat dapat mengubah cara pandang orang lain terhadap kita seperti telah dinyatakan oleh Dr. Joshua Zeichner, seorang pemerhati kosmetik dan makeup di rumah sakit Mt . Sinai, New York.

Pemilihan makeup bukan hanya sebatas pada produk mana yang sebaiknya digunakan, namun jga pada pemilihan warna. Dalam ilmu psikologi, warna memiliki arti berbeda-beda dan setidaknya mampu mengubah persepsi orang.

Warna merah menggambarkan kekuatan, energi, semangat dan kegembiraan. Sehingga jika seseorang menggunakan makeup berwarna merah maka orang akan memandangnya sebagai seorang wanita yang penuh dengan rasa percaya diri dan memiliki semangat tinggi.

Sedangkan warna biru lebih memberikan kesan tentang kejujuran, oleh sebab itu makeup ini lebih baik digunakan oleh wanita yang berhubungan langsung dengan rekan kerja atau sedang membangun loyalitas pelanggan.

Masih banyak warna lain dalam makeup dan semuanya memiliki arti tersendiri, namun kedua warna di atas telah cukup membuktikan bahwa penggunaan makeup secara tepat dan sesuai dengan kondisi maka bisa memberikan sedikit keuntungan pada penggunanya.

Ingat bahwa persepsi dan kesan orang lain terhadap kita ketika pertama kali bertemu lebih dipengaruhi oleh penampilan. Namun setelah lama mengenal, maka persepsi tersebut lebih banyak dipengaruhi oleh kejujuran, sifat, tindak-tanduk dan prilaku kita sehari-hari.

Jadi benar jika makeup mengubah persepsi orang terhadap kita meskipun hal tersebut hanya bersifat sementara saja.

tags: