Bekas Jerawat dan Flek Hitam

bekas jerawat dan flek hitamFlek hitam dan bekas jerawat memang dua hal yang berbeda, jerawat lebih disebabkan karena infeksi bakteri atau penyumbatan pori-pori kulit sedangkan flek hitam diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan penggunaan produk perawatan yang kurang tepat.

Bekas jerawat memang cenderung lebih mengganggu jika sudah masuk pada tingkat kronis, lubang besar seperti kawah akan terbentuk di permukaan kulit dan kondisi ini bersifat permanen.

Sedangkan flek hitam pada umumnya hanya mengenai permukaan kulit sehingga pengobatannya lebih cepat dan mudah dibanding dengan mengobati bekas jerawat.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi keduanya? Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam seperti dinyatakan oleh beberapa pakar kulit.

Apa saja yang dapat mengurangi bekas jerawat?

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa bekas luka yang ditinggalkan setelah jerawat berhasil dihilangkan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah 2 atau 3 bulan kemudian. Penggunaan obat penghilang bekas luka yang biasa dilakukan oleh banyak orang bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan tersebut.

Namun bila bekas luka yang ditinggalkan berbentuk lubang-lubang kecil seperti kawah maka ini bersifat permanen. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan cangkok kulit atau berbagai terapi lain yang hanya bisa dilakukan di dokter kulit.

Pengobatan yang direkomendasikan untuk mengurangi bintik atau flek hitam?

Tergantung dari tingkat keparahan ganguan tersebut, bila sudah kronis maka terapi laser adalah opsi terbaik yang bisa diambil. Namun bila tidak terlalu parah maka pengobatan dengan menggunakan krim pemutih wajah atau terapi pengangkatan sel kulit mati cukup ampuh dalam menghilangkan flek hitam dan bintik hitam tersebut.

Pengangkatan sel kulit mati bisa dilakukan maksimal satu kali seminggu dengan menggunakan produk komersil atau menggunakan bahan alami. Silahkan baca cara menghilangkan sel kulit mati dengan bahan alami di halaman ini [Baca: Cara alami mengangkat sel kulit mati].

Metode pencegahan yang direkomendasikan?

Langkah pencegahan akan lebih efektif jika dilakukan dengan menghindari segala bentuk penyebabnya. Hal paling mudah adalah menjaga kebersihan kulit dengan menggunakan pembersih wajah ringan, menggunakan pelembab secara teratur, melindungi kulit dari efek sinar matahari, memperbaiki gaya hidup dan pola makan dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah.

Dengan melakukan langkah di atas niscaya kita akan terhindar dari gangguan jerawat dan flek hitam, jangan lupa pula untuk tidak menggunakan produk perawatan yang tidak cocok dengan jenis kulit. Silahkan lakukan pengujian terlebih dahulu sebelum menerapkan produk tertentu pada wajah.

Untuk cara pemilihan produk tabir surya, silahkan baca di sini [Baca: Tips memilih krim tabir surya], sedangkan untuk produk pelembab yang direkomendasikan pakar kulit bisa anda baca di halaman berikut [Baca: cara memilih produk pelembab seperti direkomendasikan pakar kulit].

tags: