Beberapa Masalah Kulit Sensitif dan Cara Mengatasinya

masalah pada kulit sensitifAgar perawatan kulit yang kita lakukan bisa dirasakan manfaatnya, tentunya ‘ritual’ tersebut harus dilakukan dengan benar. Perawatan ditujukan untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari semua masalah yang mungkin muncul di kemudian hari.

Terlebih jika tipe kulit yang anda miliki adalah kulit sensitif, jenis kulit ini memang lebih mudah mengalami iritasi dan masalah lainnya. Oleh sebab itu perawatan yang dilakukan harus benar-benar tepat sehingga bukan saja dapat menjaga kecantikannya namun juga terhindar dari masalah kulit sensitif yang umum dialami banyak wanita.

Berikut adalah beberapa masalah kulit sensitif yang paling sering dialami orang dan cara mengatasinya.

Ciri-ciri kulit sensitif

Seorang pakar kulit dari asosiasi Advanced Dermatology & Skin Cancer bernama Dr. Purvisha Patel menjelaskan bahwa, terdapat perbedaan mendasar antara kkulit sensitif dengan tipe kulit lainnya.

Setidaknya masih menurut beliau, ada lima tanda atau ciri-ciri kulit sensitif yang bisa dillihat dengan mudah, tanda tersebut meliputi:

  1. Mudah muncul ruam atau kulit menjadi kemerahan saat menggunakan produk tertentu
  2. Cenderung kering
  3. Sering gatal-gatal
  4. Mudah iritasi
  5. Reaksi berlebih ketika menggunakan produk perawatan kulit

Jika anda kebetulan sering bermasalah dengan kelima tanda di atas, maka kemungkinan besar tipe kulit yang anda miliki adalah kulit sensitif.

Masalah kulit sensitif yang paling sering dialami

Menurut Dr. Debbie Palmer, masalah yang paling sering dialami oleh pasiennya terkait dengan kulit sensitif meliputi mudah teriritasi ketika terjadi kontak dengan produk atau benda di sekitarnya, mengalami kekeringan dan muncul bercak merah.

Untuk mengurangi efek dan reaksi berlebih tersebut, Dr. Debbie Palmer menganjurkan pada para pasiennya untuk selalu menghindari semua jenis produk perawatan kulit yang mengandung pewangi buatan, paraben dan bahan kimia lainnya.

Sedangkan Dr. Susan Stuart, seorang dokter kulit yang berkantor di La Jolla Dermatology merekomendasikan untuk mengurangi intensitas mencuci wajah, serta menghindari perubahan cuaca yang ekstrim.

Masih menurutnya, stres juga menjadi salah satu hal yang dapat memicu munculnya masalah lain pada kulit sensitif, oleh sebab itu wajib dihindari atau segera diatasi bagaimana pun caranya.

Cara mengatasi masalah pada kulit sensitif

Secara garis besar, ada beberapa tips yang disarankan oleh banyak dokter dan pakar kulit, beberapa diantaranya seperti:

  • Berhati-hati dalam memilih tabir surya
  • Hindari semua hal yang dapat memicu iritasi
  • Selalu gunakan pelembab
  • Gunakan produk pembersih kulit yang lembut
  • Pilihlah tabir surya berbasis mineral

Menurut Dr. Bank, beberapa orang yang memiliki kulit sensitif sering kali mengalami reaksi alergi dan iritasi setelah mereka menggunakan krim tabir surya.

Hal ini diakibatkan karena dalam produk tersebut terdapat pewangi buatan, bahan pengawet dan bahan kimia lainnya. Oleh sebab itu hindari produk tabir surya yang kandungannya didominasi oleh bahan-bahan yang telah disebutkan.

Sedangkan Dr. Jaliman menjelaskan bahwa pentingnya menghindari semua hal yang diduga dapat memicu reaksi alergi atau iritasi disebabkan oleh begitu mudahnya kulit sensitif mengalami iritasi ketika terjadi kontak dengan benda sekitarnya.

Hindari pula melakukan berbagai perawatan kulit yang diketahui dapat mengiritasi, lihat perawatan kulit apa saja yang sebaiknya dihindari >> Empat jenis perawatan kulit yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Itulah beberapa masalah kulit sensitif dan langkah-langkah pengendaliannya, anda punya saran atau cara yang belum kami sebutkan? Utarakan pendapat anda di kotak komentar di bawah.

tags: