Bagaimana jerawat dapat mempengaruhi kesehatan remaja?

jerawat dapat mempengaruhi kesehatanLebih dari 60% gangguan ini diderita oleh kalangan remaja, sisanya pada anak dan orang berusia lanjut. Gangguan ini bukan saja dapat mempengaruhi kulit mereka namun juga mempengaruhi kesehatan serius dan tentunya kehidupan sosial mereka.

Untuk penyebab masalah tersebut telah berulang kali dijelaskan dalam beberapa tulisan yang sebelumnya sudah pernah diterbitkan, singkatnya jerawat terjadi ketika ada penyumbatan pada pori akibat sel kulit mati dan minyak.

Bila kondisi ini teroksidasi oleh sinar matahari maka akan terjadi peradangan dan pembengkakan. Pembengkakan pada permukaan kulit ini biasa kita namakan dengan jerawat.

Selain karena paparan sinar matahari, gangguan ini pun bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri dan kuman. Dari sini bisa kita ketahui bahwa salah satu gangguan pada kulit ini lebih diakibatkan oleh rasa malas untuk menjaga kebersihan dan enggan untuk mengenakan tabir surya sebelum beraktifitas di luar ruangan.

Kembali ke topik semula, lalu bagaimana gangguan ini bisa mempengaruhi kesehatan para remaja yang mengidapnya? Banyak faktor dan hubungan diantara keduanya, semuanya akan dijelaskan secara detail di bawah ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai bagaimana jerawat dapat mempengaruhi kesehatan remaja seperti dikutip dari sebuah jurnal kesehatan.

Efek pada mental dan emosional

Dalam sebuah jurnal Paediatrics yang mengulas tentang kesehatan pada anak, di situ dijelaskan bahwa jerawat sering menimbulkan kecemasan, depresi tinggi pada siswa berusia 18 sampai 20 tahun.

Fakta lainnya adalah remaja yang mengalami masalah jerawat pada umumnya mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan pengendalian emosinya.

Majalah Time bahkan melansir bahwa hampir tidak ada perbedaan antara remaja dengan jerawat dan orang dengan penyakit epilepsinya, keduanya sama-sama kesulitan berinteraksi dengan orang di sekitar mereka.

Menghindari lingkungan sekitar

Meskipun persoalan kulit ini merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja, namun tidak sedikit remaja yang tidak bisa menerima keadaan tersebut sehingga perlahan namun pasti mereka mulai menjauhi lingkungannya dan cenderung lebih suka menyendiri.

Bila hal ini dibiarkan maka depresi dan stres akan semakin berat dan mungkin berpengaruh buruk pada kesehatan badannya.

Apa yang harus dilakukan orang tua

Sebagai orang tua yang baik, maka akan selalu memperhatikan kondisi dan perkembangan kesehatan pada anak mereka. Bila ditemukan gejala awal dari jerawat berat atau gangguan kesehatan lainnya, maka orang tua wajib untuk segera membawa anaknya ke dokter terkait.

Hal ini dilakukan untuk mencegah bertambah parahnya penyakit tersebut yang dapat mengakibatkan anak mereka tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungannya secara baik.

Namun bila gangguan tersebut telah terlanjur parah, maka selain dengan memeriksakan kondisi mereka pada dokter, kita juga harus tetap mendukung dan memberikan mereka semangat untuk terus beraktifitas seperti biasanya.

Ini mungkin hal tersulit, namun bila terus dilakukan dan dengan cara yang lembut maka bukan tidak mungkin anak dapat mengerti dan menerima kondisinya sekarang ini.

tags: