Bagaimana Cara Merawat Rambut Keriting?

bagaimana cara merawat rambut keritingRambut keriting atau ikal memang bisa jadi sangat mengganggu bila tidak ditata dengan benar, selain itu rambut jenis ini membutuhkan perawatan ekstra agar tetap sehat dan terhindar dari bahaya kerusakan.

Bila perawatan yang dilakukan kurang tepat maka kita rambut akan mudah kusut dan lebih sulit diatur. Tidak seperti jenis rambut lainnya, pada rambut ikal dibutuhkan kaadr kelembaban yang lebih tinggi.

Bila kebutuhan ini tidak diperhatikan dan tidak dipenuhi dengan benar maka lambat laun kita akan bermasalah dengan kerusakan dan kerontokan. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa kita jalankan.

Berikut adalah beberapa tips dan cara merawat rambut keriting seperti dikutip dari pakar rambut ternama.

1. Lembabkan

Bukan hanya kulit yang membutuhkan pelembab untuk mencegah terjadinya kerusakan, rambut pun demikian. Untuk memenuhi kebutuhan pelembab pada rambut, kita bisa menggunakan sampo pelembab. Pastikan selalu mengoleskan kondisioner setelah proses pembilasan selesai dilakukan.

Penggunaan kondisioner bertujuan untuk menambah kelembaban alami rambut serta memudahkan dalam penataan. Hindari penggunaan sampo tiap hari atau terlalu sering, hal ini hanya akan menguras kelembaban alami dan menyebabkan rambut kering.

2. Gunakan kuning telur

Sama halnya dengan kondisioner, kuning telur mampu memberikan kelembaban alami bagi rambut. Siapkan satu butir telur lalu ambil kuning telur, oleskan langsung pada seluruh helaian rambut dan kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Bilas sampai bersih dengan menggunakan sampo.

3. Pangkas secara teratur

Langkah ini bertujuan untuk menghindari rambut pecah dan bercabang, bukan hanya berlaku untuk rambut panjang namun juga untuk setiap jenis rambut yang berpotensi tinggi mengalami kerusakan.

4. Gunakan minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun untuk melakukan pemijatan, pemijatan ini diperlukan agar suplai oksigen dan nutirsi pada kulit kepala tidak mengalami gangguan.

5. Hindari terik matahari

Sinar matahari yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan baik pada rambut maupun kulit. Oleh sebab itu hindari sebisa mungkin beraktifitas di bawah terik matahari agar terhidar dari kerusakan.

6. Gunakan masker

Pada beberapa bulan yang lalu kami telah mengulas tentang perawatan rambut keriting dengan menggunakan masker. Masker memiliki banyak manfaat untuk rambut seperti melembabkan, menutrisi dan melembutkan.

Silahkan baca panduan lengkapnya di halaman berikut ini [Baca: Resep masker untuk perawatan rambut keriting atau ikal].

7. Gunakan sisir bergerigi lebar

Hinadri penggunaan sisir yang terlalu sempit karena hanya akan membuat akar rambut kehilangan kekuatannya, pastikan untuk selalu mengoleskan gel pelembut agar proses penataan dapat lebih mudah dilakukan tanpa harus merontokkan.

8. Konsumsi buah dan sayur

Dalam setiap buah dan sayur mengandung vitamin, nutrisi dan mineral yang dibutuhkan kulit kepala. Mulailah untuk membiasakan diri dalam mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari.

9. Penuhi asupan protein

Salah satu komponen penting rambut adalah protein, kerusakan dapat terjadi bila tubuh kekurangan protein dalam jangka waktu lama. Oleh karenanya, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan protein baik nabati maupun hewani.

tags: ,