Apakah soda dapat menyebabkan jerawat?

soda dapat menyebabkan jerawatBanyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat terkait dengan gangguan ini, kita ambil contoh misalnya mengkonsumsi coklat atau kacang dapat menyebabkan masalah jerawat.

Faktanya ternyata tidak seperti yang kita bayangkan selama ini, coklat tidak ada kaitannya dengan jerawat atau komedo. Kali ini kita akan mengulas tentang hubungan soda dan jerawat.

Sebagian diantara kita ada yang meyakini bahwa soda memiliki kaitan erat dengan gangguan jerawat, benar atau tidaknya silahkan baca artikel ini sampai dengan selesai.

Apakah benar soda dapat menyebabkan jerawat? Berikut penjelasan dan tinjauan medis selengkapnya.

Gula pada soda

Berbicara soda tentu kita tidak bisa melepaskan kandungan gula di dalamnya, gula halus yang terdapat dalam soda diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah seperti diabetes dan masalah berat badan.

Tubuh akan dipaksa memproduksi insulin dan ada kemungkinan terjadinya penyumbatan pada pori-pori dan masalah peradangan.

Kafein

Selain mengandung gula dalam jumlah tinggi, minuman inipun dikenal mengandung kafein yang digunakan untuk memikat pelanggan atau dalam bahasa mudahnya digunakan oleh produsen untuk membuat konsumen tidak bisa lepas dari produk mereka.

Meskipun banyak yang meyakini bahwa kafein dapat memicu masalah kulit, namun tidak sedikit ilmuan yang menafikan hal tersebut.

Gangguan pencernaan dan sulit tidur

Mengkonsumsi minuman bersoda tentu dapat memicu berbagai gangguan seperti kesulitan untuk tidur dan gangguan pada sistem pencernaan. Kedua hal ini menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap berbagai macam gangguan.

Hal ini tidak dapat disangkal lagi dan berbagai penelitian menunjukkan bahwa ada kaitan antara kebiasaan meminum minuman bersoda dengan insomnia dan ganguan pencernaan.

Kesimpulan

Kesimpulan akhir dari semua teori di atas adalah soda tidak dapat menyebabkan jerawat secara langsung, namun memang dapat memicu munculnya penyebab dan faktor lain.

Meski demikian kita tetap tidak bisa menyatakan bahwa minuman ini dapat menyebabkan gangguan jerawat atau komedo, jika minuman ini sama sekali tidak menyebabkan gangguan tidur dan pencernaan maka kecil kemungkinannya orang tersebut bermasalah dengan gangguan jerawat.

Meskipun begitu, kita tetap harus membatasi dalam mengkonsumsi minuman jenis ini, selain dapat menyebabkan gangguan kesehatan, minuman inipun dikenal kurang baik untuk kekuatan gigi.

Bila keterangan yang disampaikan di halaman ini tidak anda setujui, silahkan berikan argumen dan pendapat anda untuk menyangkal semua teori yang telah dipaparkan di halaman ini.

Semua pendapat dan masukkan dapat menambah wawasan bagi pembaca lain dan dapat dijadikan pijakan dalam mengambil keputusan. Sekali lagi pendapat anda sangat dihargai di sini, namun berikan argumen dan referensi yang jelas untuk memudahkan kita dalam menilai argumen tersebut apakah dapat dipertanggungjawabkan atau tidak.

tags: