Apakah Olahraga Dapat Menghilangkan Tanda Penuaan?

Olahraga Dapat Menghilangkan Tanda PenuaanKerutan atau lipatan yang muncul di wajah atau di permukaan kulit lainnya diakibatkan oleh menurunnya elastisitas kulit. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal baik dari dalam maupun dari luar.

Penyebab yang berasal dari luar meliputi faktor paparan sinar matahari yang mengarah langsung pada kulit maupun polusi udara. Sedangkan faktor dari dalam meliputi kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi makanan berlemak, berkalori tinggi atau bisa juga diakibatkan karena kekurangan gizi dan nutrisi.

Semua faktor di atas menyebabkan aliran darah menjadi terganggu sehingga kulit tidak menerima cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya.

Lalu apakah dengan berolahraga semua masalah tersebut dapat teratasi? Adakah bukti atau alasan medisnya jika memang benar bisa mengurangi kerutan atau tanda penuaan di kulit?

Berikut adalah penjelasan lengkap terkait benar atau tidaknya olahraga dapat menghilangkan tanda penuaan pada wajah atau kulit di bagian lain.

Seperti dijelaskan di atas bahwa penuaan dini muncul karena berbagai hal, salah satunya adalah kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Sedangkan kebiasaan buruk yang paling banyak dilakukan orang adalah merokok.

Dalam artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan tentang efek rokok pada kulit. Nikotin dalam rokok dapat menghambat sirkulasi darah seseorang sehingga suplai oksigen dan nutrisi pada kulit menjadi terganggu.

Terganggunya suplai keduanya membuat kulit kekurangan nutrisi dan oksigen sehingga lambat laun kelenturan dan kekencangan kulit mengalami penurunan. Bila hal ini dibiarkan maka jangan kaget bila suatu hari nanti wajah akan penuh dengan kerutan dan tanda penuaan di sana-sini.

Selain dengan menghentikan kebiasaan merokok, berolahraga merupakan salah satu opsi terbaik untuk mengembalikan peredaran darah yang terganggu. Jenis olahraga yang dianjurkan untuk mengatasi hal ini adalah aerobik.

Selain dapat memperbaiki aliran darah, aerobik juga dapat memicu tubuh untuk mempercepat regenerasi sel baru dan meningkatkan kadar kelembaban pada kulit seseorang. Ingat, salah satu penyebab penuaan dini adalah kulit kering karena hilangnya kelembaban alami kulit.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa tidak semua jenis olahraga dapat mengurangi atau menghilangkan kerutan, selain itu olahraga tertentu juga hanya dapat menghilangkan kerutan yang diakibatkan oleh terganggunya suplai darah ke kulit.

Jadi jika masalah penuaan dini yang sedang dialami disebabkan oleh radikal bebas, konsumsi makanan berlemak, berkalori, bergula tinggi atau kekurangan vitamin dan nutrisi, maka olahraga tidak terlalu efektif untuk menghilangkan tanda penuaan tersebut.

Pernyataan ini sama sekali tidak menafikan manfaat olahraga bagi manusia, dari sisi manapun, olahraga tetap memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kebugaran manusia, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

tags: