Apakah olahraga dapat mencegah rambut rontok?

olahraga dapat mencegah rambut rontokKita mungkin pernah bertanya-tanya tentang itu saat membaca tips mengenai cara mencegah kerontokan dengan berolahraga seperti yang sebelumnya pernah diterbitkan di sini [Baca: Empat jenis olahraga yang dapat mencegah kerontokan pada rambut].

Jika masih kebingungan apa kaitannya antar olahraga dan kerontokan, silahkan baca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui semua seluk-beluk dan alasan di balik itu semua.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang alasan olahraga bisa mencegah rambut rontok seperti dikutip dari beberapa sumber.

Kerontokan dan stress

Seperti apa yang kita ketahui bahwa kerontokan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti faktor medis, usia, genetik atau stress. Ada tiga jenis kerontokan dan salah satunya adalah alopecia areata.

Alopecia areata sendiri merupakan kondisi dimana sel-sel darah putih menyerang dan merusak folikel rambut sehingga mengganggu proses pertumbuhan dan kesehatannya.

Stress dapat menyebabkan telogen effluvium, salah satu hal yang menyebabkan kerusakan pada folikel dan melemahkan akar rambut. Kerontokan yang diakibatkan oleh stress biasanya mengarah pada kebotakan permanen, oleh sebab itu tidak ada jalan lain untuk segera mengatasinya jika gangguan emosional ini menimpa kita.

Manfaat olahraga

Kita bisa katakan bahwa hampir semua jenis olahraga dapat mengurangi stress, baik itu yoga atau aerobik. Dengan berkurangnya stress maka kerontokan dapat dicegah sedini mungkin.

Hal ini karena saat seseorang berolahraga secara teratur maka tubuh akan memproduksi endorfin, suatu zat yang membuat orang tersebut merasa senang dan bahagia.

Ini membuat kita tenang dan mampu mengalihkan fokus kita dari hal-hal negatif ke hal yang lebih positif, selain manfaat-manfaat di atas kita juga bisa mengendalikan tubuh dan kesehatan yang tetap terjaga.

Hubungan olahraga dan kerontokan

Karena kerusakan pada rambut ini bisa disebabkan oleh banyak hal, maka keefektifan olahraga dalam menangkal kerontokan hanya terbatas pada hal-hal tertentu saja.

Salah satu hal yang bisa kita jadikan contoh adalah kerontokan yang diakibatkan oleh adanya infeksi jamur pada kulit kepala, ini tentu tidak bisa dicegah dengan olahraga.

Perlu penggunaan obat yang dapat menyingkirkan jamur tersebut, dan olahraga tidak ada kaitannya sama sekali dengan infeksi jamur. Lain halnya bila gangguan tersebut diakibatkan oleh stress atauy depresi, maka kita bisa mengatasinya hanya dengan olahraga meskipun tanpa mengkonsumsi obat tertentu.

Maksud tulisan ini sebenarnya telah tercapai dalam paragrap di atas, namun ada beberapa tips tambahan yang perlu kita ketahui agar terhindar dari kebotakan permanen.

Tips tambahan

Biasakan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, kita tidak hanya membutuhkan vitamin A, B dan C saja. Protein dan mineral penting seperti zinc dan lain sebagainya tetap harus diperhatikan.

Agar tidak kesulitan dalam menentukan takaran tersebut, silahkan kunjungi dokter atau ahli gizi setempat untuk mendapatkan bimbingan. Selain masalah gizi, kita juga harus selalu waspada dengan kerontokan.

Waspada di sini artinya segera kunjungi dokter bila ditemukan gangguan pada rambut atau bagian tubuh lainnya.

tags: