Apakah minyak zaitun dapat menumbuhkan rambut?

menumbuhkan rambutMeskipun tidak atau belum ada bukti ilmiah bahwa minyak zaitun dapat menumbuhkan kembali yang telah rontok, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa minyak ini bisa mengurangi kerontokan dan penipisan yang biasanya terjadi pada wanita.

Penggunaan minyak ini sudah dari sejak dulu kala saat ilmu kedokteran belum sepesat sekarang ini, tujuan penggunaannya pun berbeda-beda, ada yang digunakan dengan tujuan menghaluskan kulit dan untuk perawatan.

Benar jika minyak zaitu sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan manusia, namun sekali lagi perlu ditegaskan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai penumbuh rambut belum bisa dibutikan secara ilmiah.

Yang terlah terbukti benar adalah dapat mengurangi kerontokan dan penipisan pada rambut. Untuk mengetahui lebih dalam tentang hal ini, silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang bisa atau tidaknya minyak zaitun dapat menumbuhkan rambut.

Hubungan antara folikel dan rambut

Perlu diketahui bahwa pembentukan rambut terjadi jauh sebelum pertumbuhan itu terjadi, artinya tidak ada folikel yang terbentuk ketika sudah mulai tumbuh.

Rambut sendiri tumbuh di bagian bawah folikel tersebut. Proses ini bisa terhalang ketika tumpukan minyak berlebih terjadi pada folikel, selain itu pola makan yang tidak sehat juga dapat mengganggu proses pembentukannya.

Hubungan minyak zaitu dan folikel

Setelah mengetahui dengan lengkap bagaimana pertumbuhan bisa terjadi, kini kita masuk paa apa hubungannya antara minyak zaitun dengan rambut itu sendiri.

Minyak ini mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya, selain nutrisi dan vitamin, olive oil diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala jika digunakan sebagai media pemijatan.

Jika pemijatan yang dilakukan pada kulit kepala dengan menggunakan minyak zaitun, maka peredaran darah pada bagian kepala akan lancar sehingga semua vitamin dan zat penting lainnya dapat dikirimkan ke kulit kepala melalui peredaran darah.

Sedangkan itu, minyak zaitun yang diserap oleh kulit kepala bisa memberikan nutrisi penting terhadap kesehatan folikel. Dari teori ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa olive oil memiliki dua peranan penting.

Pertama melancarkan peredaran darah dan kedua menutrisi kulit kepala agar folikel dapat terjaga kesehatannya. Dilihat dari fungsinya, olive oil memang belum terbukti secara medis dapat menumbuhkan secara mandiri, namun terbukti dapat mencegah kerusakan dan kerontokan.

Kesimpulan

Untuk menjaga agar tetap sehat dan kuat, maka minyak ini bisa digunakan sebagai media dalam melakukan pemijatan, namun jika ditujukan untuk menumbuhkan rambut maka hal itu belumlah dapat dipertanggung jawabkan secara medis.

Teori ini didukung dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Teikyo University School of Medicine yang menyatakan bahwa minyak zaitun hanya bisa digunakan untuk menyehatkan dan mencegah kerontokan namun tidak bisa digunakan untuk menumbuhkannya.

tags: