Apakah gluten menyebabkan jerawat?

gluten menyebabkan jerawatMeskipun makanan yang dikenal mengandung banyak gluten dikenal tidak dapat menyebabkan jerawat namun pada beberapa penelitian gluten dianggap dapat memperparah gangguan tersebut.

Apa sajakah yang perlu kita ketahui tentang gluten dan akibatnya pada tubuh manusia? Berikut adalah penjelasan sekaligus jawaban terhadap pertanyaan yang menganggap gluten menyebabkan jerawat.

 Definisi gluten

Gluten merupakan dua kombinasi protein yang terdiri dari gliadin dan glutenin, senyawa ini biasanya terdapat dalam biji-bijian seperti gandum yang memberikan bentuk elastis ketika gandum dijadikan sebagai adonan.

Namun pada beberapa orang, gliadin dalam gluten tersebut dapat memicu alergi dan kondisi autoimun sehingga orang tersebut tidak bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari gandum.

Hubungan gluten dan jerawat

Meskipun tidak secara langsung dapat menyebabkan jerawat, namun dari study terakhir menunjukkan adanya peranan gluten atas gangguan jerawat. Seperti dinyatakan oleh peneliti dari Universitas Maryland Medical Center bahwa seseorang yang memakan makanan bergluten padahal ia memiliki alergi terhadapnya maka usus kecil dapat mengalami kerusakan.

Kerusakan ini mengakibatkan berpindahnya gliadin ke lamina usus yang memiliki getah bening. Saat ini terjadi maka tubuh akan melepaskan antibodi dan senyawa kimia yang menimbulkan peradangan.

Seperti kita tahu bahwa peradangan adalah masalah utama pada jerawat, semakin parah peradangan yang dialami maka semakin besar pula gangguan tersebut.

Pertimbangan dan saran

Penjelasan di atas tidak bisa dijadikan sebagai dasar bahwa hanya glutenlah yang berpengaruh pada tingkat keparahan jerawat tanpa melibatkan senyawa lain dalam makanan.

Jika dilihat lebih dalam lagi maka akan sangat jelas terlihat bahwa makanan bergluten pada umumnya memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, karbohidrat tinggi dapat menyebabkan naiknya kadar insulin.

Insulin yang tinggi dapat menyebabkan peradangan pada kulit serta membuat tubuh memproduksi minyak dalam jumlah besar. Peradangan dan minyak berlebih pada akhirnya akan menyebabkan jerawat.

Menghindari gluten

Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan jika tidak menemukan hal tidak wajar saat atau setelah mengkonsumsinya, namun bila ditemukan rasa mual, kembung, diare, kram dan gangguan pencernaan lainnya maka mungkin sebaiknya makanan tersebut harus dihindari.

Untuk memastikan apakah kita termasuk salah seorang yang memiliki alergi terhadap gluten bisa dengan mengunjungi dokter terdekat. Dokter akan melakukan serangkaian test untuk mengetahui apakah kita memang benar rentan terhadap protein dalam gandum tersebut.

Konsultasikan pula ke ahli gizi dan makanan tentang makanan apa saja yang harus dihindari jika memiliki intoleransi terhadap gluten.

Dari teori di atas, masalah jerawat sebenarnya sangat komplek. Gluten hanya salah satu zat yang dapat memperparah kondisi ini, selain gluten masih banyak lagi yang lain seperti jumlah insulin, kadar gula, lemak dan lain sebagainya.

Kesimpulannya adalah, untuk mencegah munculnya jerawat maka perbaiki pola makan kita. Hindari semua jenis makanan berlemak tinggi, bergula, berkalori dan bergluten jika kita termasuk orang yang alergi terhadapnya.

tags: