Apakah diet vegan menyehatkan?

diet vegan menyehatkanSehat atau tidaknya suatu metode tergantung dari bagaimana pelaku menjalankannya. Jika mengikuti semua aturan yang diberlakukan maka efek samping bisa ditekan sedemikian rupa.

Namun jika peraturan tersebut dilanggar maka besar kemungkinan akan terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti yang pernah kita bahas beberapa hari lalu [Baca: Beberapa efek samping diet vegan yang perlu kita ketahui].

Metode ini memang memiliki resiko kekurangan gizi lebih tinggi dibanding dengan metode lainnya, hal ini diakibatkan karena pengguna hanya memiliki sedikit alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein dan asam amino.

Seperti kita tahu bahwa protein dan asam amino memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh, protein bukan hanya diperlukan untuk pembentukan otot dan rambut, namun juga berpengaruh langsung pada tingkat metabolisme seseorang.

Sayangnya sumber protein paling baik berasal dari hewan atau telur yang kita tahu keduanya termasuk ke dalam makanan yang dilarang dalam metode diet ini.

Sebagai gantinya, kita bisa mendapatkan protein tersebut dari buah dan sayur yang jumlahnya terbatas sehingga pelaku mungkin kesulitan atau merasa bosan karena alternatif yang tersedia hanya beberapa saja.

Meskipun demikian, jika segala aturan makan yang telah ditentukan kita patuhi maka ini tidak menjadi masalah berarti.

Lalu apakah diet vegan menyehatkan? Untuk membahas lebih lanjut, silahkan baca point-point penting di bawah ini.

Makanan

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa metode ini sangat rentan terhadap kekurangan protein dan asam amino, untuk mencegah terjadinya hal tersebut ikuti semua panduan yang telah ditetapkan [Baca: Makanan yang dianjurkan dalam diet vegan].

Ikuti dan patuhi semua aturan di halaman tersebut, dengan mengikuti semua aturan yang berlaku maka bahaya kekurangan protein dapat kita hindari.

Untuk vitamin B12 yang pada umumnmya hanya terdapat pada ikan laut dan daging, kita bisa memperolehnya dari biji-bijian.

Manfaat

Karena metode ini cenderung mengutamakan serat vitamin A, C dan asam folat maka keuntungan yang kita dapatkan bukan hanya turunnya berat badan, namun juga kesehatan organ jantung.

Bahkan penelitian terbaru menemukan bahwa pelaku program diet ini memiliki tingkat kesehatan lebih tinggi dibanding orang lainnya. Ini mengindikasikan bahwa metode ini sangat baik jika dijalankan dengan benar.

Namun jika proses yang dilalui tidak mengikuti panduan yang telah ditetapkan justru dapat membahayakan kesehatan pelakunya. Oleh karenanya, untuk para pemula yang belum mengetahui seluk-beluk metode ini diharapkan untuk menajalankan program ini dibawah pengawasan para ahli.

Selain itu konsultasikan dengan ahli gizi agar mendapatkan informasi sevalid mungkin, hal ini dilakukan untuk menghindari semua hal yang bisa berakibat buruk pada kesehatan kita.

Kesimpulan dari tulisan di atas sangat sederhana yaitu, diet ini bisa menyehatkan jika dilakukan dengan benar dan mematuhi semua aturannya.

tags: