Apakah benar apel dapat menghilangkan jerawat?

apel dapat menghilangkan jerawatSemua buah yang mengandung antioksidan memang sangat baik untuk menjaga kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar ultraviolet.

Apel termasuk salah satu buah yang mengandung banyak antioksidan tinggi dan vitamin C, oleh sebab itu banyak ahli merekomendasikan buah ini untuk dikonsumsi setiap hari.

Begitu kayanya apel dengan berbagai vitamin dan nutrisi sehingga banyak orang menganggap bahwa buah ini bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan berbagai persoalan kulit lainnya.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang kebenaran apel dapat menghilangkan jerawat, silahkan baca tinjauan medis di bawah ini.

Manfaat antioksidan dalam apel

Tidak mungkin kita mengetahui apa saja manfaat buah ini tanpa mengetahui terlebih dahulu kandungan penting di dalamnya, oleh sebab itu kita awali dengan kandungan antioksidan dan berbagai manfaatnya.

Apel merupakan buah yang kaya dengan antioksidan yang disebut juga dengan polifenol, antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas dan terjadinya oksidasi pada kulit dan kerusakan pada jaringan kulit.

Ini adalah hal baik untuk menangani masalah jerawat yang disebabkan oleh radikal bebas, namun belum ditemukan bukti antioksidan dapat mencegah masalah jerawat yang diakibatkan oleh bakteri.

Serat dalam apel

Selain memiliki antioksidan, apel juga kaya akan serat. Tercatat dalam satu buah apel mengandung serat sebanyak 4,4 gram. Selain dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan normal, serat juga telah terbukti dapat menjaga gula darah dan kadar insulin tetap stabil

Ini berguna untuk menghindarkan seseorang dari bahaya penyakit gula atau diabetes, selain itu insulin yang tidak stabil juga diketahui dapat memicu masalah jerawat.

Namun dalam beberapa kasus tertentu, buah ini justru dapat memicu jerawat dan memperparah keadaan. Kita ambil contoh misalnya kebiasaan mengkonsumsi jus apel yang tinggi gula yang dapat menyebabkan naiknya kadar insulin dalam tubuh.

Insulin ini pada akhirnya dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Fakta ini menunjukkan bahwa tidak semua makanan yang terbuat dari apel baik untuk dikonsumsi.

Meskipun fakta tersebut memang tidak menafikan sama sekali baiknya mengkonsumsi apel tanpa disertai atau dicampur dengan gula dan bahan lainnya.

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas dapat kita ketahui bahwa jerawat tidak bisa dihilangkan oleh buah apel. Setidaknya tidak secara langsung, apel hanya mencegah munculnya pemicu masalah tersebut.

Dengan mencegah munculnya berbagai penyebab maka jerawat dapat kita cegah sedini mungkin. Inipun hanya berkaitan dengan gangguan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan ketidakstabilan insulin.

Jika gangguan pada kulit tersebut diakibatkan oleh bakteri maka apel sama sekali tidak dapat berbuat banyak. Silahkan baca kembali artikel sebelumnya yang menerangkan tentang peran bakteri dalam masalah kulit ini [Baca: 9 penyebab utama masalah jerawat].

tags: