Apa yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Rambut Kering?

harus dilakukan untuk mengatasi rambut keringCara instant yang paling banyak dilakukan orang ketika bermasalah dengan rambut kering adalah menggunakan air, cara ini memang dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat. Namun seorang dokter kulit di Memphis bernama Thomas Goodman , Jr , MD menyatakan bahwa cara tersebut hanya dapat bertahan dalam beberapa menit saja, sedangkan efeknya bisa membuat rambut semakin kering karena kadar kelembaban yang terkikis.

Oleh sebab itu mengetahui cara tepat dalam mengatasi masalah tersebut wajib diketahui oleh setiap orang yang ebrmasalah dengan persoalan rambut tersebut. Berikut adalah penjelasan beberapa ahli rambut terkait apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi rambut kering.

Faktor penyebab

Penyebab mendasar dari gangguan ini adalah sebum atau minyak yang tidak mampu melapisi seluruh helaian rambut. Sebum ini dikeluarkan melalui folikel, adapun penyebab kenapa kondisi terjadi adalah terlalu sering mencuci rambut, paparan sinar matahari atau berenang dilaut, menggunakan hair dryer secara berlebihan dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu ada beberapa faktor lain yang perlu anda ketahui, semuanya telah kami rangkum di halaman ini [Baca: Lima penyebab utama rambut kering].

Mencuci rambut

Satu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan mengurangi intensitas mencuci rambut atau keramas. Keramas hanya dianjurkan saat rambut sudah kotor oleh debu atau terlalu berminyak.

Bila kedua faktor tersebut tidak ditemukan maka sebaiknya hindari mencuci rambut. Untuk pemilihan sampo, gunakan sampo yang mengandung pelembab atau produk yang memang diformulasikan untuk jenis rambut kering.

Para ahli sendiri lebih merekomendasikan untuk mencuci rambut maksimal satu kali seminggu, berbeda dengan jenis rambut lainnya yang bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Perawatan rambut

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Cosmopolitan, David Cannell menyatakan bahwa untuk rambut kering dianjurkan agar selalu menggunakan kondisioner pelembab satu kali dalam seminggu. Namun bila masalah ini sudah kronis maka dianjurkan menggunakan kondisioner tiga kali seminggu.

Langkah pencegahan

Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah rambut kering, beberapa diantaranya bisa anda lihat di bawah ini:

  • Menggunakan penutup kepala atau topi saat berenang di laut
  • Melindungi rambut dari sengatan sinar matahari
  • Kurangi penggunaan hair dryer
  • Hindari mandi dengan air hangat
  • Kurangi mencuci rambut terlalu sering

Selain langkah di atas, anda juga bisa melakukan langkah pencegahan lainnya seperti yang telah kami terbitkan di halaman ini [Baca: Tips perawatan rambut kering].

Saran para ahli

Karena rambut kering rentan dengan kerusakan, maka gunakan hari dryer dan pelurus rambut sesedikit mungkin. Ini dilakukan demi menjaga kadar kelembaban pada rambut.

Selain itu jangan gunakan sisir atau sikat saat rambut dalam keadaan basah karena dalam kondisi seperti ini rambut sangat mudah rontok dan rusak.

tags: