Apa sajakah penyebab uban?

penyebab ubanSeluruh manusia akan mengalami masa-masa tua, dan tanda masa tersebut telah datang diantaranya keriput yang terdapat di bagian wajah dan tubuh, fungsi tubuh yang mulai berkurang dan tentu saja munculnya uban.

Namun yang terjadi sekarang ini sebaliknya, banyak remaja yang justru telah bermasalah dengan keriput atau tanda penuaan lainnya. Kita juga sudah tidak asing lagi bertemu dengan remaja yang rambutnya dipenuhi uban.

Uban tersebut sebenarnya bukanlah hal yang wajar karena muncul sebelum waktunya, ada beberapa hal yang mungkin memicu masalah tersebut, dan untuk mengupas lebih dalam lagi silahkan baca beberapa hal di bawah ini.

Berikut adalah beberapa hal yang diduga kuat menjadi pemicu atau penyebab uban yang muncul jauh sebelum waktunya.

1. Faktor genetik

Bila kedua orang tua kita atau salah satunya bermasalah dengan uban sejak muda, maka kita akan memiliki resiko yang lebih besar dibanding orang lain terhadap uban.

Jika memang genetik yang menjadi persoalan maka gangguan tersebut biasanya muncul sejak usia 10 tahun dan terus bertambah banyak seiring dengan bertambahnya usia.

Tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal tersebut, satu-satunya cara adalah dengan menutupinya dengan pewarna rambut, tapi ini tentu saja bukan pilihan terbaik.

2. Kekurangan vitamin

Vitamin memiliki peranan besar untuk menjaga tubuh tetap sehat, saat seseorang kekurangan vitamin atau nutrisi maka cepat atau lambat tubuhnya akan bermasalah dengan berbagai jenis gangguan kesehatan.

Uban misalnya, gangguan ini bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B12. Oleh sebab itu bila terlalu sulit mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut maka kita bisa mensiasatinya dengan suplemen.

3. Gangguan tiroid

Ini adalah salah satu penyebab gangguan pada rambut tersebut terjadi, jika kita memeriksakan diri ke dokter maka biasanya mereka melakukan tes darah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah tiroid bekerja secara normal atau tidak.

Jika ternyata tidak maka jelaslah itu merupakan pemicunya, dokter akan memberikan beberapa saran penting untuk mengurangi dan mengatasi masalah tersebut.

4. Anemia pernisiosa

Salah satu penyakit yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan sel-sel perut sehingga tubuh tidak lagi mampu menyerap berbagai vitamin dan nutrisi yang masuk.

Jika kondisi ini terus berlanjut maka bukan saja tanda penuaan yang didapat namun juga penyakit berbahaya lainnya yang siap mengintai.

5. Vitiligo

Salah satu penyakit yang berpengaruh langsung pada kulit, penyakit ini juga dapat menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya sehingga akan muncul rambut putih di bagian kepala, tangan dan tubuh.

6. Merokok

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko uban empat kali lebih besar dibanding orang yang tidak merokok.

Pertimbangan dan saran

Bila gangguan ini disebabkan oleh penyakit tertentu maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan segera mengambil tindakan untuk mengatasi penyakit tersebut.

Namun bila kondisi ini diakibatkan oleh faktor keturunan atau genetik maka tidak terlalu banyak solusi yang bisa kita ambil, namun dokter terkait akan memberikan beberapa saran penting terkait hal ini.

tags: