Apa saja dasar-dasar perawatan kulit?

dasar perawatan kulitKulit memang harus tetap dirawat dengan berbagai cara, perbedaan cara perawatan mungkin ditemukan karena tingkat sensitifitas dan kepekaan pada setiap area berbeda-beda.

Kita tidak mungkin menggunakan sabun pembersih tubuh pada wajah karena bagian wajah lebih peka dan mudah terkena iritasi dan alergi ketika terkena produk yang mengandung bahan kimia bersifat keras.

Untuk itu ada beberapa langkah yang perlu kita ketahui agar perawatan yang kita lakukan tidak malah membuat kerusakan pada kulit itu sendiri.

Berikut ini merupakan dasar-dasar perawatan kulit yang perlu kita ketahui agar semua usaha dan langkah yang dilakukan dapat menghasilkan apa yang kita inginkan.

Kulit wajah

Karena bagian ini mudah terkena alergi dan peradangan maka mengurangi penggunaan produk kosmetik atau makeup sangat dianjurkan. Alasannya adalah hampir seluruh produk terebut mengandung bahan pengawet dan pewarna.

Dan perlu kita ketahui bahwa beberapa bahan pewarna dan pengawet tersebut tidak begitu cocok untuk beberapa jenis kulit bahkan ada yang tergolong membahayakan.

Salah satu bahan pengawet yang biasa digunakan adalah methylparaben, senyawa kimia ini banyak dilaporkan sebagai zat yang paling sering menimbulkan efek samping seperti kerusakan, mata dan juga memicu kanker.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel yang memuat keterangan lengkap di halaman ini [Baca: Efek samping methylparaben].

Kulit tubuh

Meskipun tidak sesensitif wajah, namun penggunaan sabun yang terlalu keras dapat menimbulkan kerusakan. Untuk itulah pemilihan sabun pembersih harus benar-benar diperhatikan.

Selain itu kulit juga tidak dirancang untuk berada dalam suhu yang terlalu tinggi, penggunaan air hangat saat mandi memang bisa menenangkan pikiran. Tapi alangkah baiknya jika hal tersebut hanya dilakukan sesekali saja karena bisa menyebabkan hilangnya kelembaban.

Satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan adalah faktor lingkungan yang berpengaruh langsung pada kesehatan kulit, contohnya adalah kebersihan dan sinar matahari.

Khusus untuk sinar matahari kita bisa menggunakan tabir surya untuk menangkal semua efek buruk dari sinar ultraviolet tersebut. Sama dengan sabun, kita juga diharuskan memilih produk tabir surya yang cocok.

Masalah kulit

Selain perawatan yang dilakukan pada kulit yang masih sehat dan tidak bermasalah dengan apapun, ada perawatan khusus yang dilakukan saat sedang bermasalah dengan gangguan seperti jerawat.

Saat kita sedang berhadapan dengan persoalan tersebut, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengelupasan kulit secara teratur.

Selain itu gunakan produk anti jerawat yang mengandung benzoil peroksida yang biasanya terdapat di hampir seluruh produk anti jerawat. Karena pengelupasan dan penggunaan produk tersebut dapat menyebabkan kering maka lakukan sesekali saja dan hindari penggunaan secara berlebihan.

Informasi tersebut merupakan perawatan dasar yang bisa kita mulai sekarang, banyak yang belum mengetahui informasi dasar tersebut. Oleh sebab itu silahkan share ke orang terdekat di sekitar anda agar tidak ada kesalahpahaman saat melakukan berbagai macam perawatan kulit.

tags: ,