Alasan Kenapa Tidak Dianjurkan Membasuh Muka Dengan Sabun Batangan

jangan gunakan sabun batanganMeskipun penggunaan sabun batangan lebih banyak digunakan untuk membasuh bagian tubuh selain wajah, namun masaih ada beberapa orang yang tetap menggunakannya sebagai pembersih wajah.

Secara garis besar, tidak banyak diketahui alasan dibalik pelarangan tersebut, oleh karena itu kami berinisiatif membahasnya secara mendalam agar dapat dibaca dan diketahui oleh para pembaca.

Berikut adalah alasan kenapa tidak dianjurkan membasuh muka dengan sabun batangan seperti dinyatakan oleh Renée Rouleau, seorang pakar kecantikan kulit.

Meskipun produsen sekarang lebih memperhatikan keseimbangan pH pada produk mereka, namun tetap saja pH tersebut masih terlalu tinggi untuk dapat digunakan tanpa menyebabkan kulit kering.

Benar, membasuh wajah dengan sabun atau produk apapun yang pHnya terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit kering. Sayangnya hampir semua sabun batangan memiliki pH tinggi sehingga tidak dianjurkan membasuh muka dengan produk ini. Tentu banyak produsen yang mengklaim bahwa sabun buatan mereka lebih lembut sehingga bisa digunakan untuk segala jenis kulit tanpa harus takut dengan kulit kering.

Namun study yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa kandungan pH dalam sabun batangan masih dianggap terlalu tinggi dan berpotensi menyebabkan kulit wajah kering.

Lalu produk seperti apa yang sebaiknya digunakan dan bagaimana caranya? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silahkan ikuti beberapa tips berikut ini.

Cuci dengan pembersih lembut

Dr. Jaliman merekomendasikan agar selalu menggunakan produk pembersih sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Untuk kulit kering misalnya, gunakan produk yang bukan saja dapat membersihkan kulit namun juga tidak mengurangi kadar kelembaban pada kulit.

Sedangkan untuk kulit berminyak dianjurkan untuk menggunakan pembersih berbasis cair dan berbusa lembut, hal bertujuan bukan hanya mengangkat segala jenis kotoran dan noda, namun juga tidak memicu produksi minyak berlebih.

Apakah produk seperti itu bisa didapat dengan mudah? Bisa dan harganya pun terjangkau, yang penting adalah selalu perhatikan kandungan apa saja dan dirancang untuk jenis kulit seperti apa produk tersebut.

Perhatikan pada label dan kemasannya, atau tanyakan langsung pada penjualnya jika memang terpaksa.

Tips tambahan

Banyak produk perawatan yang digunakan oleh wanita, meskipun mungkin sebenarnya produk tersebut tidak benar-benar mereka butuhkan. Produk apa sajakah itu?

  • Krim mata: Produk ini digunakan untuk tujuan agar kulit di sekitar mata tetap lembut, faktanya hampir semua jenis pelembab yang ada sekrang bisa digunakan untuk daerah di sekitar mata tanpa menyebabkan iritasi atau peradangan. Bila produk pelembab anda bisa digunakan untuk melembabkan area sekitar mata, lalu kenapa harus menggunakan krim mata terpisah?
  • Toner: Dr. Jaliman menyatakan bahwa sebenarnya tidak semua orang membutuhkan produk ini, karena beberapa produk perawatan kulit telah mengadaptasi fungsi toner ke dalam produk mereka.

Dengan hanya menggunakan produk yang memang dibutuhkan dan meninggalkan semua produk yang tidak dibutuhkan, setidaknya kita telah mengurangi beban anggaran.

tags: