Agar Kilau Rambut Terjaga, Lakukan Dua Hal Berikut

agar kilau rambut terjagaSeperti yang sudah kami terangkan pada artikel sebelumnya yang berjudul 3 kondisi rambut sesuai dengan usia seseorang, remaja ataupun wanita berusia 20 – 29 tahun pada umumnya memiliki rambut sehat.

Hal tersebut ditandai dengan pertumbuhan yang subur, akar rambut yang masih sangat kuat dan kilau rambut yang jarang ditemukan pada seseorang berusia 30 tahun ke atas.

Tentu saja kilauan rambut tersebut dapat memudar seiring bertambahnya usia atau karena gangguan lain. Untuk mencegah hal tersebut dan agar kilau rambut terjaga, ada dua hal sederhana yang perlu dilakukan.

Berikut adalah dua hal yang harus dipenuhi agar kilau rambut terjaga dengan baik dan optimal.

Perawatan secara benar

Kesehatan dan kecantiukan rambut sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara anda merawatnya. Cukup mudah mengetahui apakah perawatan rambut yang sekarang anda jalankan sudah benar atau belum.

Bila rambut semakin rusak maka itu tandanya metode yang anda jalankan salah, dan begitu pula sebaliknya. Lalu perawatan apa yang dianggap benar oleh para ahli? Berikut beberapa metode yang dianjurkan pakar rambut:

  • Hindari menggunakan sisir bergerigi sempit
  • Jika anda perenang, maka basahi dulu rambut dengan air atau kondisioner, baca penjelasan lengkapnya di sini
  • Cuci rambut dengan sampo maksimal 3 kali seminggu
  • Pilih produk perawatan rambut yang tepat, lihat panduannya dalam artikel ini
  • Pangkas secara teratur ujung rambut untuk menghindari rambut bercabang
  • Hindari penggunaan hairdryer secara berlebih, lebih baik biarkan rambut kering secara alami
  • Lindungi rambut dari sengatan sinar matahari
  • Jangan menggosok rambut dengan handuk, cukup tepukkan secara perlahan jika diperlukan

Untuk mengetahui detail lengkap dari langkah-langkah di atas, silahkan anda baca di halaman berikut >>> Kumpulan tips merawat rambut secara alami.

Jalankan semua tips langkah di atas secara teratur agar kilau rambut terjaga. Selain melakukan semua langkah perawatan tersebut, kombinasikan dengan point kedua yang akan dijelaskan di bawah ini.

Konsumsi makanan yang baik untuk rambut

Ada tujuh vitamin yang dibutuhkan untuk menopang kesehatan dan kecantikan rambut, bila hal ini tidak terpenuhi maka kerusakan dan kebotakan tidak akan terhindarkan.

Untuk mengetahui detail vitamin apa saja yang dibutuhkan rambut, silahkan baca di halaman ini >>> 7 vitamin penting yang dibutuhkan rambut anda.

Vitamin-vitamin tersebut bisa anda dapatkan dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur. Brokoli, kangkung, tiram, bayam, lobak, kacang-kacangan, ikan, daging dan sarden adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk dikonsumsi agar kilau rambut terjaga.

Baca juga artikel kami yang berjudul lima jenis makanan yang baik untuk rambut, di halaman tersebut anda akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang apa saja yang harus dikonsumsi setiap harinya.

tags: