9 penyebab utama jerawat

penyebab jerawatMengenal dan mengetahui apa saja hal yang dapat memicu munculnya jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya merupakan sesuatu yang sangat penting agar kita dapat melakukan berbagai tindak pencegahan.

Seperti kita tahu bahwa gangguan tersebut bisa menyerang siapa saja dan termasuk ke dalam kelompok gangguan kesehatan yang paling sering menyerang manusia.

Oleh sebab itu, dengan mengetahui berbagai hal yang dapat menyebabkan jerawat diharapkan mampu mengurangi resiko terhadap masalah tersebut dengan meninggalkan atau menghindari faktor pemicunya.

Berikut ini merupakan 9 penyebab utama jerawat yang kami dapatkan dari berbagai sumber ahli yang mengerti betul tentang gangguan tersebut.

1. Propionibacterium Acnes

Merupakan nama bakteri yang dapat berkembang biak pada kulit berminyak, hampir semua jerawat yang pernah diderita manusia disebabkan karena adanya infeksi propionibacterium Acnes.

2. Kosmetika

Kosmetika yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori kulit, jika hal ini dibiarkan dan seringkali dilakukan maka cepat atau lambat kulit akan mengalami berbagai masalah termasuk jerawat dan komedo.

3. Faktor keturunan

Seseorang yang berasal dari keluarga dengan riwayat jerawat dalam hidupnya, maka orang tersebut memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap permasalahan tersebut dibandingkan dengan orang lain.

4. Pencemaran lingkungan

Udara, air, cuaca dan terik sinar matahari memiliki peranan penting terhadap permasalahan ini. Cuaca yang lembab pun diyakini dapat melatarbelakangi hadirnya gangguan ini.

5. Pakaian terlalu ketat

Sama seperti halnya kosmetika, pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pori kulit yang membuat sirkulasi udara terganggu.

6. Efek samping obat

Obat atau produk yang mengandung kortikosteroid, bromida dan lithium diyakini dapat menimbulkan gangguan yang terjadi pada kulit, persoalan yang biasa ditemukan akibat penggunaan produk atau obat tersebut biasanya kulit akan mengalami iritasi dan peradangan.

7. Depressi berkepanjangan

Depressi atau stress memicu tubuh untuk memproduksi hormon kortisol yang dapat menurunkan kekebalan tubuh dan melemahkan sistem metabolisme seseorang.

Jika hal ini terjadi maka besar kemungkinan orang tersebut akan mudah terserang berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

8. Ketidakstabilan hormon seseorang

Hormon yang tidak stabil diyakini para ahli memiliki peranan penting terhadap masalah kulit, perubahan hormon ini biasa terjadi pada masa remaja atau menjelang menopause.

Maka dari itu kita tentu sering berhadapan dengan masalah kulit tersebut saat kita remaja atau menjelang masa menopause.

9. Kadar Zinc rendah

Tubuh yang kekurangan zinc sangat rentan terhadap jerawat, perlu diketahui bahwa zat ini aktif dalam mencegah dan mengobati ‘penyakit tersebut’ dari dalam.

Agar kadar zinc dalam tubuh berada pada jumlah yang normal, kita bisa mulai mengkonsumsi sayuran dan buah berdaun hijau.

Setelah mengetahui semua hal di atas, kita hanya perlu menghindari semua hal tersebut jika masih ingin memiliki kulit bersih bebas masalah.

tags: