7 vitamin untuk rambut

vitamin rambutRambut membutuhkan vitamin agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat serta subur. Rambut yang sehat tentu akan memiliki kekuatan akar yang baik.

Lalu apa saja vitamin yang dibutuhkan oleh kulit kepala agar pertumbuhannya dapat berjalan sebagaimana mestinya?

Berikut ini adalah 7 vitamin untuk rambut sebagaimana telah dinyatakan oleh beberapa ahli dan pakar kecantikan dunia.

1. Yodium

Ketidakstabilan jumlah yodium yang berada dalam tubuh kita diyakini dapat memicu terjadinya kerontokan, oleh sebab itu para ahli menyarankan kita agar membiasakan diri untuk mengkonsumsi kacang, kentang, telur, rumput laut, bawang putih, selada serta lainnya.

Hal ini bertujuan agar jumlah yodium dalam tubuh stabil dan terhindar dari bahaya kerontokan yang senantiasa mengancam.

2. Vitamin B

Vitamin B serta variannya seperti vitamin B3 memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Peredaran darah yang lancar khususnya di kulit kepala sangat berpengaruh pada kesehatan dan kekuatan rambut.

Vitamin serta nutrisi yang kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi dapat tersuplai dengan baik ke folikel dan akar rambut hanya jika sirkulasi darah lancar, jika yang terjadi sebaliknya maka folikel tidak mendapat cukup nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan.

3. Mineral penting

Mineral dibutuhkan oleh folikel untuk membangun struktur serta kekutan rambut kedepannya, oleh sebab itu biasakanlah untuk mengkonsumsi daging, susu, telur serta keju agar kebutuhan mineral dapat terpenuhi dengan baik.

Makanan tersebut dikenal mengandung mineral penting diantaranya mangan, selenium, zinc, sulfur, kalium.

4. Omega 3

Nutrisi ini bisa kita dapatkan dari ikan tuna atau salmon, membiasakan diri dalam mengkonsumsi dua jenis ikan laut tersebut diyakini para ahli dapat membantu proses pertumbuhan sekaligus kesehatannya.

Omega 3 juga bisa didapatkan dari biji rami, kenari dan minyak zaitun atau yang sering disebut dengan olive oil.

5. Antioksidan

Antioksidan alami bukan saja baik untuk terjadinya proses oksidasi pada tubuh, namun juga dibutuhkan rambut agar proses pertumbuhannya tidak mengalami gangguan.

Termasuk ke dalam antioksidan diantaranya beta karoten, vitamin C dan vitamin E. Beta karoten biasa ditemukan pada sayuran berdaun atau berwarna kuning dan beberapa jenis buah.

Jeruk, tomat dan buah asam lainnya bisa kita jadikan sebagai sumber vitamin C alami, adapun untuk vitamin E kita bisa mendapatkannya dari sayuran berdaun atau berwarna hijau.

6. Zat besi

Kerontokan yang biasa terjadi tidak sedikit karena disebabkan asupan zat besi pada tubuh berada di bawah ambang batas normal, untuk mencegah hal ini manfaatkan daging merah, ginjal atau hati sebagai sumber utama zat besi kita.

7. Protein

Nutrisi penting yang biasa kita ketahui terdapat pada telur, ikan, keju, susu dan daging ini ternyata memiliki peranan penting terhadap kesuburan serta kekuatannya.

Maka dari itu biasakanlah untuk mengkonsumsi bahan makanan berprotein tinggi agar kesehatan rambut senantiasa terjaga.

tags: