7 makanan yang mempengaruhi kesehatan rambut

kesehatan rambutSeperti halnya pada kuit, makanan tertentu memiliki efek pada rambut. Bisa negatif atau positif tergantung dari jenis dan tipe makanan yang kita konsumsi tersebut.

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas makanan apa saja yang memiliki vitamin penting untuk rambut [Baca: 7 vitamin untuk rambut], maka kali ini kita akan bersama-sama mengulas buah dan sayur yang berpengaruh pada kesehatannya.

Berikut adalah 7 makanan yang mempengaruhi kesehatan rambut seperti yang kami rangkum dari beberapa ahli kesehatan dan kesuburan rambut ternama.

1. Wortel

Sayur berwarna kuning ini lebih dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk mata. Namun sedikit sekali orang mengetahui bahwa sayuran ini sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan berimbas langsung pada kesuburan folikel.

Dengan membiasakan diri mengkonsumsi sayur wortel setiap hari, maka bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, namun juga kulit kepala.

2. Buah anggur

Buah ini memiliki banyak kandungan bioflavonoid, zat ini dibutuhkan tubuh untuk memproduksi keratin. Jika tingkat produksi keratin berjalan sebagaimana mestinya maka niscaya kesuburannya tetap terjaga.

Meskipun sedikit sulit ditemukan, namun untuk menemukan penjual buah ini tidaklah susah.

3. Susu

Banyak orang mengira bahwa susu hanya memiliki manfaat untuk menunjang kekuatan tulang dan gigi, faktanya kalsium dalam susu bukan hanya baik untuk gigi dan tulang namun juga diperlukan untuk menunjang proses pembentukan keratin.

Keratin sendiri berguna agar rambut lebih berkilau dan kuat dari akar hingga ujungnya.

4. Telur

Agar dapat tumbuh dengan kuat, rambut membutuhkan asupan protein dalam jumlah tepat. Salah satu sumber protein hewani yang paling dianjurkan para ahli adalah telur.

Telur mengandung protein dalam jumlah tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

5. Ayam

Sama halnya dengan telur, ayam memiliki protein yang dibutuhkan tubuh. Daging ayam bisa kita jadikan sebagai pengganti telur atau bisa juga dikombinasikan dengan telur itu sendiri untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan protein.

Tidak seperti daging lainnya, ayam termasuk ke dalam kelompok daging rendah kolesterol. Maka dari itu daging ini aman dikonsumsi oleh orang yang bermasalah dengan gangguan kolesterol.

6. Kacang-kacangan

Buah atau sayur ini memiliki zinc, biotin dan zat besi yang menunjang pertumbuhan rambut. Untuk menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan, berusahalah untuk mengkonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah tepat.

Kacang-kacangan dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam darah seseorang, oleh sebab itu jangan berlebihan saat mengkonsumsinya.

7. Tomat

Tomat memiliki senyawa yang berguna untuk mencegah terjadinya kebotakan, senyawa ini dikenal dengan nama lycopene. Senyawa ini berfungsi pula sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal ancaman radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kerontokan.

Biasakan untukĀ  mengkonsumsi tomat sedikitnya dua kali sehari agar seluruh anggota tubuh tetap dalam keadaan sehat dan bugar.

tags: