6 tanda rambut sehat

tanda rambut sehatRambut sehat bisa dilihat dari tanda dan ciri yang ditunjukkannya, ini bisa kita lihat dengan kasat mata jadi tidak akan terlalu sulit menentukan sehat atau tidak.

Artikel ini bertujuan agar para pembaca dapat mengenali apa yang sebenarnya terjadi sehingga dapat mengambil langkah secepatnya untuk mengatasi segala masalah.

Banyak sekali ciri yang bisa kita kenali, namun kali ini kita hanya mengulas beberapa ciri yang paling umum dan mudah dibaca oleh siapa saja.

Berikut ini merupakan 6 tanda rambut sehat seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber yang memiliki pengetahuan mendalam di bidangnya.

1. Tekstur

Ciri pertama yang mudah diketahui salah satunya adalah tekstur, rambut sehat akan lebih lembut dan halus meskipun tidak menggunakan shampoo atau produk pelembut.

Jika kita memiliki rambut seperti ini itu berarti rambut kita menerima asupan vitamin dan nutrisi yang cukup, berbeda jika sebaliknya maka akan mudah patah dan terlihat lebih kusam.

2. Lebih bersinar

Sinar yang ditampakkan sebenarnya berasal dari cahaya yang dipantulkan, hal ini hanya dapat terjadi jika kutikula dalam keadaan sehat.

Kerusakan atau gangguan yang terjadi pada kutikula menyebabkan rambut tidak dapat memantulkan cahaya yang datang kepadanya sehingga akan terlihat kusam.

Kesehatan kutikula sangat bergantung pada nutrisi serta vitamin yang diperoleh tubuh, oleh sebab itu pastikan kita selalu memperhatikan makanan apa saja yang sebaiknya kita konsumsi agar kesehatan kutikula tetap terjaga.

Silahkan lihat dalam artikel ini [Baca: 7 makanan yang mempengaruhi kesehatan rambut], jangan lupa juga untuk membaca vitamin apa yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat [Baca: 7 vitamin bagi rambut].

3. Kerontokan kurang dari 100 helai perhari

Seperti yang dinyatakan oleh American Academy of Dermatology, adalah normal jika hanya 50 sampai 100 helai rambut yang rontok setiap harinya.

Namun jika sudah melewati jumlah tersebut maka kerontokan yang terjadi tidak lagi bisa dianggap ringan, itu merupakan tanda adanya gangguan kesehatan baik pada kutikula maupun helaiannya.

Segera memeriksakan diri ke dokter adalah tindakan yang paling dianjurkan agar mengetahui dengan jelas apa yang sebenarnya sedang dialami.

4. Lebih elastis

Tingkat elastisitas yang tinggi membuatnya tidak mudah patah baik karena sisir yang terlalu rapat maupun karena hentakan. Hal ini hanya terjadi saat rambut kita menerima cukup zat besi, protein dan biotin setiap harinya.

Jika ketiga nutrisi di atas tidak terpenuhi maka rambut akan rapuh dan mudah patah.

5. Tidak mudah kusut

Mudah ditata dan tidak gampang kusut merupakan tanda kelima rambut sehat, jika yang kita alami adalah sebaliknya maka segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

6. Kulit kepala yang sehat

Kesehatan rambut sudah pasti berhubungan dengan kondisi kulit kepala saat ini, terlalu berminyak atau terlalu kering dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan parah.

tags: