6 Strategi dan Cara Baru Menurunkan Berat Badan

cara baru menurunkan berat badanHampir semua tips menurunkan berat badan lebih menitik beratkan pada bagaimana cara mengurangi porsi makan, mengganti makanan berlemak dan berkalori dengan makanan kaya gizi namun rendah kalori serta lemak.

Itu mungkin tips yang sering kali anda baca baik di media online maupun di buku-buku. Tips tersebut memang terbukti dapat menurunkan berat badan seseorang, namun bukan berarti hanya cara itu saja yang bisa dilakukan.

Sedikitnya ada 6 cara baru yang ditemukan para ahli dalam mengatasi kelebihan berat badan, cara ini terbilang baru namun hasilnya bisa dibuktikan.

Berikut adalah 6 cara baru menurunkan berat badan seperti dilansir dari berbagai sumber terpercaya.

Kurangi asupan kalor dua kali seminggu

Sebuah hasil penelitian yang dicatat dalam jurnal berjudul British Journal of Diabetics & Vascular Disease menjelaskan bahwa mengurangi asupan kalori terbukti mampu menurunkan berat badan.

Lalu cara apa yang sebaiknya dilakukan para wanita? James Brown, PhD, menyarankan agar para wanita tetap makan seperti biasanya di hari kesatu sampai hari kelima.

Namun pada hari keenam dan ketujuh kurangi 500 kalori. Inilah cara yang dianjurkan oleh James Brown, PhD.

Makan dalam porsi kecil namun sering

Dari pada anda makan dalam porsi besar dua kali sehari, lebih dianjurkan untuk membagi porsi tersebut menjadi enam bagian dan dimakan sebanyak enam kali.

Menurut hasil penelitian, langkah ini membuat pencernaan lebih mudah mencerna makanan tersebut sehingga metabolisme tubuh dapat meningkat, inilah kunci utama jika anda ingin memiliki tubuh ramping.

Berjalan kakilah setelah makan

Sebuah penelitian di lembaga Diabetes Care menyebut bahwa orang yang berjalan kaki 15 menit setiap kali selesai makan memiliki resiko lebih kecil terhadap diabetes dan kegemukan dibanding orang yang berjalan kaki 45 menit di pagi hari saja.

Berjalan kaki setelah makan membuat otot menggunakan glukosa atau gula darah lebih efisien, faktor ini berguna untuk menjaga metabolisme tubuh stabil sehingga berat badan lebih mudah diturunkan.

Ini mungkin cara baru menurunkan berat badan yang belum anda ketahui sebelumnya.

Jadikan sayur dan buah sebagai makanan pembuka

Sebelum mengkonsumsi menu utama, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan pembuka yang terdiri dari buah atau sayur dalam jumlah banyak.

Hal ini dilakukan agar anda lebih mudah mengendalikan jumlah atau porsi makanan yang akan disantap.

Makan di luar dengan teman yang membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat

Faktor eksternal seperti kebiasaan sahabat dapat mempengaruhi kebiasaan kita, makan di luar bersama dengan sahabat yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji sedikit banyak akan mempersulit kita untuk tidak memakannya juga.

Fokus pada apa yang sedang dimakan

Jangan melakukan aktifitas saat anda sedang mengkonsumsi makanan, ini hanya akan mengalihkan perhatian anda darinya. Efeknya otak akan terlambat menerima sinyal kenyang dari perut sehingga porsi yang dikonsumsi menjadi lebih besar.

Itulah keenam cara baru menurunkan berat badan yang bisa anda coba langsung esok hari, lakukan dengan benar dan share di sini hasilnya.

tags: