6 metode diet paling populer

metode diet paling populerMenurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika, statistik memperlihatkan bahwa mulai dari tahun 1990 masalah kegemukan atau obesitas di dunia semakin hari kian mencemaskan.

Masalah ini semakin sulit dikendalikan karena sebagian besar masyarakat dunia lebih suka menerapkan gaya hidup serba instant, meskipun demikian banyak diantara mereka yang mulai beralih ke gaya hidup sehat dengan menjalankan berbagai metode diet tertentu untuk mengatasi persoalan tersebut.

Ada banyak metode yang dikembangkan oleh para ahli, namun begitu banyak metode lama yang masih dipercaya dapat mengatasi masalah obesitas. Beverly Bird dalam sebuah jurnalnya merangkum 10 metode diet paling dikenal oleh masyarakat dunia.

Berikut adalah enam metode diet paling populer seperti dikutip dari sebuah jurnal karya Beverly Bird, untuk keterangan lengkap mengenai bagaimana cara menjalankan metode tersebut silahkan klik pada nomor urutnya.

1. Diet atkins

Dilansir dari ABCNews bahwa tahun 1972 buku panduan tentang metode ini sangat laris di pasaran, semenjak saat itula banyak warga dunia yang mulai menerapkan berbagai metode yang ada di dalamnya.

Sampai sekarang pun metode ini dianggap sebagai salah satu teknik penurunan berat badan yang masih diakui keampuhannya, beberapa ahli gizi pun mendukungnya meskipun tentu saja ada pula yang mengkritisinya.

2. Diet zone

Teknik ini lebih difokuskan pada pengontrolan kadar insulin, jika dilihat pada prinsip dasarnya maka akan sangat bertolak belakang dengan atkins karena dalam zone kita masih diperkenankan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat.

Teknik ini mulai dikenalkan pada tahun 1970 namun baru populer di awal tahun 2009 setelah banyak selebriti Hollywood menerapkan metode ini untuk mengendalikan berat badan ideal mereka.

3. Diet south beach

Mulai dikenalkan pada tahun 1990 dan memiliki banyak pengikut di seluruh penjuru dunia, teknik ini membagi karbohidrat menjadi dua bagian yakni baik dan buruk serta fokus dalam pengendalian insulin.

4. Diet mediterania

Metode ini mengharuskan pesertanya untuk mengikuti pola makan yang berlaku di kawasan eropa selatan, untuk jenis lemak yang diperbolehkan adalah lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun.

Meskipun diharuskan menjalankan pola makan di kawasan eropa selatan bukan berarti seluruh restoran yang berada di kawasan tersebut mencakup syarat yang ditetapkan dalam metode ini, oleh sebab itu perhatikan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan makanan yang dilarang.

5. Diet raw food

Seperti namanya, kita diharuskan untuk mengkonsumsi makanan mentah. Oleh sebab itu sumber protein dan nutrisi yang terdapat dalam daging diganti menjadi sayuran dan buah.

Hampir 75 persen makanan yang diperbolehkan dalam teknik ini adalah makanan mentah yang berasal dari buah-buahan dan sayuran segar yang jika dimasak pun tidak boleh terlalu lama.

6. Diet vegan

Ada kemiripan pola antara vegan dan raw food, jika dalam raw food kita diwajibkan mengkonsuymsi sayur dan buah mentah maka dalam vegan kita boleh memasak sayur dan buah tersebut. Namun seluruh jenis makanan yang bersumber dari hewan dilarang keras dalam teknik ini.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya silahkan klik atau buka nomor urut masing-masing metode di atas, namun sebelum memutuskan untuk menerapkan salah satunya dianjurkan agar mengkonsultasikannya dulu dengan dokter terdekat.

Selain itu pelajari semua prinsip dasar dan segala macam aturan-aturannya agar apa yang kita lakukan dapat membuahkan hasil secara maksimal. Jangan lupa pula untuk membaca efek samping dari metode tersebut agar kita siap menghadapinya dan dapat melakukan pencegahan sebisa mungkin.

tags: