5 Program Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

program diet sehatMemilih program diet sehat yang tepat adalah satu langkah awal dari kesuksesan anda dalam menurunkan berat badan. Tanpa metode diet yang benar maka usaha diet selama ini tidak akan membuahkan hasil.

Oleh sebab itulah kami mengumpulkan informasi dari banyak sumber dan memilah program diet apa saja yang menurut para ahli dianggap sebagai metode terbaik hingga saat ini.

Berikut adalah 5 program diet sehat untuk menurunkan berat badan seperti yang telah direkomendasikan oleh pakar diet Amerika.

Program diet sehat kesatu: rendah karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat setiap hari bukan hanya mampu menurunkan berat badan, namun juga mengurangi resiko seseorang terhadap diabetes, stroke dan penyakit berat lainnya.

Adapun program yang dianggap paling baik adalah diet south beach. Banyak tokoh dunia melakukan diet dash untuk mengurangi atau mencegah masalah obesitas, salah satunya adalah mantan presiden USA Bill Clinton.

Metode yang pertama kali ditemukan oleh Arthur Agatston ini pada bertujuan untuk menurunkan berat badan dengan cara menyingkirkan semua sumber karbohidrat rendah gizi dan menggantinya dengan makanan kaya serat serta tinggi protein .

Silahkan baca di sini untuk keterangan lebih lengkap >>> Informasi lengkap dan panduan menjalankan diet south beach.

Program diet sehat kedua: Tinggi nutrisi rendah garam

Sebuah metode yang diberi nama dash ini pada mulanya ditujukan untuk membantu seseorang terhindar dari masalah tekanan darah tinggi.

Aturan yang ada dalam dash meliputi pemilihan makanan secara ketat dan menentukan berapa persen lemak, karbohidrat dan protein yang boleh dikonsumsi setiap harinya.

Dash bukan hanya terbukti ampuh dalam menurunkan tensi darah, namun juga telah terbukti dapat mengatasi obesitas.

Untuk mempelajari diet dash, silahkan anda buka halaman berikut ini >>> Penjelasan lengkap diet dash.

Program diet sehat ketiga: Rendah lemak dan kalori

Mediterania adalah metode yang diciptakan untuk membantu seseorang hidup lebih sehat dan terbebas dari masalah berat badan. Metode ini sangat baik dilakukan oleh siapa saja baik pria maupun wanita, beberapa penelitian dan survey bahkan menemukan bahwa orang yang menjalankan mediterania cenderung berumur panjang.

Program ini mengadopsi tata cara dan pola makan penduduk Sisilia yang lebih banyak mengkonsumsi ikan, sayuran segar, buah, kacang-kacangan dan minyak zaitun.

Makanan tersebut diketahui sangat rendah lemak dan kalori sehingga bukan saja dapat menjaga kesehatan tubuh namun juga berguna untuk menanggulangi masalah kegemukan.

Buka halaman ini untuk membaca informasi lengkap tentang mediterania >>> Prinsip dasar, aturan dan tahap menjalankan diet mediterania.

Program diet sehat keempat: Fokus pada makanan alami

Metode yang mulai dikenal publik pada tahun 1970 setelah diperkenalkan oleh Professor Loren Cordain. Dinamakan paleo karena metode ini mengadopsi pola makan manusia di zaman paleolitikum atau zaman batu.

Di zaman tersebut, manusia lebih banyak mengkonsumsi makanan yang bersumber dari alam tanpa diawali dengan proses pengolahan.

Selain itu, penggunaan garam dan gula juga tidak diperkenankan. Sebuah metode yang mungkin sulit dijalankan orang zaman sekarang namun telah terbukti mampu menurunkan berat badan dengan cepat.

Informasi lengkapnya bisa anda baca di sini >>> Tips dan cara menjalankan diet paleo.

Program diet sehat kelima: Tinggi protein

Atkin adalah metode diet yang paling populer diantara metode lainnya, metode ini ditemukan oleh Robert Atkins. Diet atkin menitik beratkan pada semua jenis makanan tinggi protein namun rendah lemak.

Seperti yang sudah dijelaskan di halaman ini, makanan yang mengandung protein tinggi cenderung lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga orang yang mengkonsumsi makanan tersebut tidak akan cepat lapar.

Namun berlebihan dalam mengkonsumsi protein juga dapat mengganggu bahkan merusak organ ginjal. Oleh sebab itu pelajari terlebih dahulu dan ikuti semua peraturan diet atkin agar tidak ada pengaruh buruk pada ginjal.

Untuk mempelajarinya, silahkan buka artikel berikut >>> Penjelasan lengkap tentang diet atkin.

Kelima program diet sehat di atas sebagian besar bisa dijalankan oleh siapa saja, namun kami menganjurkan anda untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi terdekat sebelum menjalankan salah satunya.

tags: