5 Pemutih Kulit Terbaik Rekomendasi Para Ahli

Pemutih kulit – Kulit kusam bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti paparan sinar matahari, terbakar oleh zat kimia dan banyak lagi faktor lainnya. Penggunaan kosmetik ataupun produk perawatan kulit yang salah juga menjadi salah satu dari sekian banyak hal yang menyebabkan kulit menjadi kusam.

Kita tahu begitu banyak produk pemutih kulit yang beredar di pasaran mulai dari produk murah hingga yang berharga jutaan rupiah. Bila anda yakin dengan salah satu produk tersebut, silahkan anda coba.

Selain dari produk pemutih komersil, anda juga bisa memutihkan kulit wajah atau tubuh dengan bahan herbal yang mudah didapat. Proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah karena perangkat yang digunakan semuanya sudah tersedia di dapur.

Berikut adalah lima pemutih kulit terbaik rekomendasi para ahli yang telah terbukti khasiat dan manfaatnya.

1. Jeruk

buah jeruk

Seperti diketahui bahwa jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini sangat penting posisinya dalam perawatan kulit terutama untuk mencerahkan wajah.

Selain mengandung banyak vitamin C, buah jeruk juga memiliki sifat pemutih alami yang bila digunakan dengan benar maka dapat memutihkan kulit dalam waktu cepat.

Untuk membuat pemutih kulit dari buah jeruk, ikuti dua langkah mudah berikut ini:

  • Campurkan sedikit bubuk kunyit dengan dua sendok makan jus jeruk lalu oleskan ke kulit sebelum tidur, bilas di keesokan harinya.
  • Tumbuk kulit jeruk secukupnya sampai halus lalu kemudian campurkan dengan dua sendok makan yogurt. Aduk sampai rata lalu oleskan pada kulit dan diamkan selama 15 menit.

2. Tepung terigu

tepung terigu

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa tepung terigu termasuk sebagai salah satu pemutih kulit alami yang juga direkomendasikan oleh banyak ahli.

Selain dapat memutihkan, tepung terigu juga berguna untuk menjaga kadar kelembaban alami pada kulit. Untuk menggunakan tepung sebagai pemutih kulit, silahkan ikuti dua cara mudah berikut:

  • Siapkan air rendaman mawar secukupnya lalu campurkan tepung terigu secukupnya
  • Aduk sampai menjadi pasta
  • Oleskan pada kulit atau wajah
  • Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air dingin

3. Lemon

buah lemon

Rasa asam yang kuat dalam lemon menandakan begitu tingginya vitamin C dan sifat antioksidan di dalamnya, keduanya berguna untuk membantu tubuh dalam memperbaiki atau meregenerasi sel kulit yang telah rusak.

Selain itu, lemon juga memiliki khasiat yang sama seperti buah jeruk lainnya yakni kemampuannya dalam memutihkan kulit.

Bahkan sebagian besar produk pemutih kulit yang beredar di pasaran menjadikan buah lemon sebagai bahan dasar utamanya.

Ikuti tahap mudah berikut untuk mencerahkan wajah dengan lemon:

  • Basahi kapas dengan cairan jeruk lemon lalu oleskan ke wajah, tunggu selama 60 menit lalu bilas sampai bersih
  • Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit, tiga sendok teh cairan jeruk lemon dan perasan tomat. Campur semua bahan jadi satu dan aduk sampai menjadi pasta. Oleskan ke kulit lalu diamkan selama 30 menit baru setelah itu bilas hingga bersih

Karena buah ini bersifat asam, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Tidak cocok digunakan untuk kulit sensitif yang memiliki alergi terhadap lemon
  • Jangan dioleskan pada luka karena dapat menimbulkan rasa nyeri

4. Yogurt

yogurt enak

Kandungan asam laktat dalam yogurt inilah yang menjadi pemutih kulit alami, oleh karenanya, banyak produsen menjadikan yogurt sebagai bagian dari pembuatan produk mereka.

Ikuti tips berikut untuk memutihkan kulit dengan yogurt:

  • Oleskan yogurt plain atau yogurt tanpa perasa tambahan ke kulit dan tunggu selama 10 menit. Jika sudah, bilas sampai bersih dengan air
  • Campur satu sendok makan madu dengan satu sendok makan yogurt, usapkan ke wajah secara merata dan diamkan 10 menit

5. Madu

madu manis

Warna kulit yang tidak merata dan kusam biasanya disebabkan oleh kelembaban alami pada kulit yang hilang. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa menggunakan madu.

Selain digunakan sebagai pelembab alami, madu juga biasa digunakan untuk memutihkan kulit, silahkan piliha salah satu langkah di bawah ini untuk mengembalikan kecerahan kulit anda:

  • Campurkan satu sendok teh cairan jeruk lemon, satu sendok teh madu, setengah sendok teh minyak almond serta satu sendok teh susu bubuk. Aduk sampai rata kemudian oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering, bila sudah kering, bilas dengan air dingin
  • Jika cara di atas terlalu sulit, maka cukup oleskan madu asli ke permukaan kulit dan biarkan sampai kering. Bilas dan bersihkan dengan air

Pemutih kulit di atas semuanya menggunakan bahan alami yang jauh leih aman dibanding cara lainnya, silahkan anda coba dan buktikan sendiri khasiatnya.

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil sempurna, lakukan salah satu tips di atas secara teratur sampai anda melihat hasilnya.

tags: