5 mitos kecantikan tidak berdasar

mitos kecantikanMitos bisa ada dalam bidang apapun termasuk dalam dunia kecantikan, mitos biasanya digolongkan ke dalam keyakinan seseorang atau sebagian masyarakat yang tidak berdasar.

Berikut ini adalah lima mitos kecantikan yang terbukti salah dan tidak ada alasan untuk mempercayainya lagi.

Lips balm mengakibatkan bibir kering

Banyak yang beranggapan bahwa semua lips balm menyebabkan bibir kering bila digunakan terlalu sering, faktanya bibir memang diciptakan tanpa kelenjar sebaceous sehingga lebih rentan terhadap kekeringan.

Jadi bibir kering sebenarnya tidak diakibatkan oleh produk tersebut, namun karena bagian tersebut memang lebih rentan dibanding bagian tubuh lainnya. Meskipun demikian tetap tidak menutup kemungkinan adanya suatu produk yang mengakibatkan bibir menjadi kering.

Pengguna dapat mencium aroma parfumnya

Di awal penggunaan kita memang dapat mencium aroma yang keluar dari parfum tersebut, namun beberapa saat kemudian bau tersbut akan hilang dan tidak akan tercium oleh kita.

Apa alasannya? Alasannya adalah ketika seseorang menggunakan parfum yang sama dalam kurun waktu lama maka tubuh dan indra penciumannya akan menjadi kebal terhadap aroma tersebut.

Oleh sebab itu tidak heran jika ada seseorang yang terus menyemprotkan parfum ke tubuhnya karena dianggap aroma tersebut sudah hilang atau tidak lagi ada.

Padahal untuk orang yang berada di sekitarnya masih bisa mencium aroma wangi yang keluar dari penggunaan produk tersebut.

Gunakan produk anti penuaan di usia 30 tahun

Tanda penuaan sangat berhubungan erat dengan pola makan an gaya hidup yang dijalani, oleh sebab itu tanda ini bisa muncul kapan saja dan pada siapa saja tanpa harus memandang umur.

Jika kita termasuk salah satu orang yang terbiasa dengan pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat maka ada kemungkinan tanda penuaan tersebut hadir sebelum usia 30 tahun.

Oleh sebab itu para ahli tidak pernah menetapkan di usia berapa seorang wanita dianjurkan menggunakan produk anti penuaan, ini diserahkan ke masing-masing individu. Artinya jika kita merasa membutuhkan produk tersebut maka mulailah untuk menggunakannya.

Coklat menyebabkan flek hitam

Untuk point ini ada dua jawaban yaitu benar dan salah, maksudnya adalah jika coklat dikaitkan secara langsung dengan flek hitam maka itu hanyalah mitos dan tidak terbukti.

Pada beberapa kasus tertentu mengkonsumsi coklat secara berlebih dapat menyebabkan jerawat, hal ini tidak lain karena kandungan gula dan kalori dalam coklat dapat meningkatkan produksi insulin.

Kadar insulin tinggi dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan memicu jerawat, jika jerawat ini masuk dalam level parah maka besar kemungkinan menyebabkan munculnya lubang dan flek hitam di wajah.

Memangkas rambut dapat membuatnya lebih tebal

Ini adalah salah satu mitos yang tidak berdasar dan tidak pernah bisa dibuktikan oleh para ahli, tingkat kesuburan dan ketebalan rambut tidak pernah terkait dengan intensitas pemangkasan.

tags: