5 kesalahan saat diet yang harus dihindari

kesalahan saat dietProses menurunkan berat badan memang terdiri dari berbagai macam cara, ada yang menggunakan cara tradisional, mengkonsumsi obat tertentu, olahraga atau senam dan masih banyak lagi lainnya.

Tujuannya sama yaitu mengatasi obesitas yang dirasa sudah kian mengganggu baik ruang gerak maupun penampilan seseorang.

Dari sekian banyak cara terebut, ada beberapa kesalahan yang paling umum terjadi dan sering ditemukan pada para penggiatnya, beberapa diantaranya akan kita bahas bersama-sama.

Berikut ini merupakan 5 kesalahan saat diet yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

1. Menginginkan hasil cepat

Semua orang tentu menginginkan hal ini, tidak perlu menuggu terlalu lama untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan selama ini.

Ini merupakan pola pikir yang salah dan cenderung membawa seseorang lebih mudah terjebak dalam jargon iklan dan janji-janji manis yang mereka berikan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang yang menginginkan hasil cepat tanpa mau berusaha umumnya menggunakan cara yang salah. Tidak ada salahnya menggunakan obat pelangsing atau penurun berat badan.

Namun hal itu tidak akan menjadikan kita langsing dalam sesaat. Diet perlu dilakukan secara continue dan berkepanjangan, maka dari itu kesabaran merupakan landasan utama keberhasilan seseorang dalam menurunkan berat badannya.

2. Tidak memperhatikan asupan kalori

Kalori adalah salah satu penyebab utama kegemukan atau obesitas, akan sia-sia usaha kita jika masih tetap mengkonsumsi atau meminum minuman berkalori tinggi.

Kebanyakan orang hanya mengira bahwa dengan meniggalkan atau mengurangi makan saja sudah cukup untuk membuatnya lebih kurus, faktanya keyakinan itu sama sekali tidaklah benar.

Agar diet dan olahraga kita tidak sia-sia maka usahakan untuk mengurangi asupan kalori, tubuh membutuhkan kalori hanya dalam jumlah tertentu, jika berlebihan maka dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

3. Malas berolahraga

Rasa malas berolahraga bisa disebabkan karena dua hal, pertama karena memang tidak membiasakan diri dan kedua karena terlalu bergantung pada produk pelangsing.

Penyebab terakhir lebih disebabkan oleh cara berpikir yang cenderung menginginkan hasil instant tanpa mau berusaha keras atau melakukan sesuatu.

Obat-obatan tidak dapat membakar gumpalan lemak, kalaupun bisa hanya berapa persennya saja dan itu tidak akan menunjukkan perbedaan sama sekali.

Pembakaran lemak hanya dapat terjadi jika pelaku mau membakar dan kembali membentuk tubuhnya.

4. Menahan lapar

Kesalahan yang paling sering kita temukan, hal ini sama sekali tidak membantu. Jika dilakukan justru dapat memicu berbagai gangguan penyakit karena sistem kekebalan tubuh dan metabolisme mengalami penurunan fungsi.

Agar dapat membajar lemak dalam tubuh, kita membutuhkan protein, vitamin, nutrisi dan mineral agar organ tubuh dapat bekerja dengan maksimal.

Tanpa ini, maka kita hanya akan kelaparan dan mengalami gangguan kesehatan karena gizi buruk.

5. Dilakukan secara berlebihan

Bahkan hal baik sekalipun, jika dilakukan secara berlebihan maka dapat berakibat buruk pada pelakunya. Begitu pula dengan diet, kita hanya perlu menjalankan program tertentu secara bertahap agar tubuh mampu beradaptasi dengan baik.

tags: