5 Kebiasaan yang dapat mengobati jerawat

mencegah dan mengobati jerawatJerawat memang tidak bisa dilepaskan dari apa yang kita makan hari ini, kebiasaan atau gaya hidup dan hal-hal lain yang mungkin kita anggap sepele. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika jerawat sering menyerang seseorang yang memiliki kebiasaan atau pola makan kurang sehat.

Sayangnya kebanyakan orang lebih disibukkan dalam mencari produk atau obat untuk mengatasi gangguan tersebut tanpa mau mencari tahu kenapa masalah itu datang menyerangnya.

Jika sedikit saja kita mau memikirkan penyebabnya, mungkin kita tahu kesalahan yang kita perbuat sehingga gangguan tersebut datang. Dengan mengetahui kesalahan yang dilakukan, kita dapat dengan mudah merubah atau memperbaikinya.

Hanya dengan memperbaiki kebiasaan apakah bisa mengatasi masalah tersebut? Kenapa tidak, meskipun masalah kulit ini bisa disebabkan oleh faktor luar seperti polusi udara, sinar matahari dan penggunaan makeup secara berlebih namun jika kekebalan tubuh kita kuat maka wajah tidak akan mudah ditumbuhi jerawat.

Bagi seseorang yang sedang bermasalah dengan jerawat, tidak ada salahnya mengikuti beberapa tips mudah di bawah ini.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan atau hal yang terbukti dapat mencegah dan mengobati jerawat jika dilakukan secara teratur.

1. Melakukan pengelupasan kulit

Secara garis besar jerawat disebabkan oleh bakteri, bakteri ini menginfeksi permukaan kulit sehingga akan tampak buruk di depan orang lain. Untuk itulah kenapa kita harus melakukan pengelupasan kulit.

Pengelupasan kulit ditujukan untuk menghilangkan semua kulit mati baik dari permukaan ataupun dari pori-pori. Gunakan produk yang telah lama kita gunakan, atau bisa juga membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut [Baca: Deep cleanser untuk mengangkat sel kulit mati].

Proses ini kita lakukan satu sampai dua kali seminggu, jangan terlalu sering melakukannya karena justru dapat merusak jaringan kulit yang masih sehat.

2. Konsumsi wortel dan tomat

Masukkan kedua sayur tersebut ke dalam menu makan kita setiap hari. Dengan mengkonsumsi keduanya secara teratur maka vitamin A yang ada di dalamnya dapat menghilangkan jerawat, noda hitam dan komedo.

Tentu saja bukan hanya tomat dan wortel yang mengandung vitamin A, beberapa buah dan sayur yang mengandung vitamin penting tersebut diantaranya ikan, melon, sereal, paprika, produk susu dan sayuran berdaun.

3. Ganti sarung bantal

Biasakan untuk mengganti sarung bantal setiap hari, jangan pernah memberi kesempatan pada baketri atau kuman berkembang biak di atasnya. Jika hal ini tidak dilakukan maka kuman yang ada di sarung bantal tersebut dapat berpindah ke kulit kita.

4. Bersantai

Lakukan semua aktifitas yang dapat membuat kita merasa tenang, ini diperlukan agar tehindar dari stress yang membuat tubuh memproduksi zat berbahaya baik bagi kesehatan maupun bagi kulit.

5. Kurangi penggunaan makeup

Makeup jenis apapun dan berapapun harganya dapat membuat pori-pori tidak menerima asupan oksigen dari luar. Bila hal ini dilakukan dalam jangka waktu lama dan terus menerus dapat mengakibatkan jerawat dan masalah lainnya.

Oleh sebab itu gunakanlah makeup dengan bijak, jangan biarkan kulit kita tertutupi olehnya dalam waktu lama.

tags: