5 kebiasaan yang bikin gemuk

bikin gemukMasalah kegemukan atau obesity akhir-akhir ini memang menjadi masalah serius, tidak mengherankan jika pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini.

Berbagai program digalakkan mulai dari instansi pemerintah hingga lembaga swadaya masyarakat, penyuluhan terhadap bahaya obesitas gencar didengungkan dengan tujuan memberikan informasi sejelas mungkin pada seluruh lapisan masyarakat.

Kegemukan atau yang biasa kita sebut dengan obesitas memang menjadi salah satu gangguan di zaman modern seperti ini, makanan cepat saji yang marak dijual ditambah dengan berbagai kemudahan yang memanjakan manusia memicu angka obesitas naik drastis.

Gangguan ini sekilas memang tidak terlalu berbahaya, namun jika ditelisik lebih dalam lagi maka  kita akan mudah menemukan berbagai bahaya komplikasi yang ditimbulkannya.

Sebut saja serangan jantung, stroke, diabetes, osteoporosis disinyalir memiliki kaitan erat dengan kegemukan atau kelebihan berat badan.

Berikut ini merupakan 5 kebiasaan yang bikin gemuk seperti yang kami kutip dari beberapa media online ternama.

1. Gemar mengkonsumsi makanan cepat saji

Gemar mengkonsumsi makanan tinggi lemak yang biasa kita temukan pada berbagai jenis makanan cepat saji memberikan andil cukup besar terhadap permasalahan berat badan.

Tidak mengherankan jika gangguan ini lebih banyak ditemukan di suatu tempat yang masyarakatnya gemar memakan makanan tersebut. Zaman modern seperti sekarang ini, konsumen seakan dimanjakan dengan berbagai fasilitas termasuk kemudahan dalam makan dan minum.

Tidak ada salahnya memakan makanan jenis ini, namun akan sangat berbahaya jika makanan tersebut dikonsumsi setiap hari secara teratur.

2. Kurang minum

Kebiasaan ini masih sering kita temukan di lapisan masyarakat menengah ke bawah. Seperti kita tahu bahwa tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar dapat menjalankan fungsinya.

Jika ini tidak dipenuhi maka metabolisme tubuh akan kehilangan fungsinya dan tubuh tidak mampu lagi memproses serta melakukan pembakaran lemak.

3. Asupan kalori tidak terkontrol

Tubuh hanya membutuhkan kalori dalam jumlah tertentu, jika kita memberikan tubuh asupan kalori dalam jumlah banyak maka hampir dapat dipastikan berat tubuh akan mengalami kenaikan secara drastis.

Kita tentu sudah mengetahui minuman atau makanan apa saja yang banyak mengandung kalori, bahkan mungkin saja beberapa diantara kita mengkonsumsinya setiap hari.

Jika demikian halnya, maka mulailah untuk mencoba mengurangi kebiasaan tersebut agar tidak ada masalah kedepannya.

4. Tidak cukup protein

Protein berfungsi untuk merubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi, oleh sebab itu, jika asupan protein tidak kita perhatikan maka tubuh tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik.

Jika sudah demikian keadaannya maka lemak tidak akan bisa diproses menjadi energi atau dikeluarkan secara maksimal.

5. Tidak cukup tidur

Tidak memberikan tubuh istirahat yang cukup akan membuatnya tidak berfungsi secara maksimal, berikan tubuh istirahat yang cukup agar setelah bangun nanti kebugaran dan organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

tags: