5 Jenis Makanan yang Merusak Kulit

makanan yang merusak kulitMakanan yang merusak kulit – Kerusakan kulit bisa terjadi karena berbagai sebab seperti faktor lingkungan, radiasi, paparan sinar matahari dan juga makanan.

Benar sekali, makanan termasuk salah satu hal yang dapat menimbulkan kerusakan pada kulit jika dikonsumsi secara berlebih.

Lalu makanan seperti apa saja yang dapat merusak kesehatan kulit? Berikut adalah lima jenis makanan yang merusak kulit seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Garam berlebih

Sifat alami garam salah satunya adalah mengikat air dan mineral. Oleh sebab itu, konsumsi garam berlebih bukan hanya dapat memicu dehidrasi, namun juga beresiko pada pembengkakan di beberapa bagian tubuh seperti bagian sekitar mata dan wajah.

Pembengkakan di sekitar mata sering disebut sebagai kantung mata atau mata panda, yang membuat seseorang terlihat selalu letih dan tua.

2. Mengkonsumsi karbohidrat berlebih

Jenis makanan yang bisa merusak kulit selanjutnya adalah asupan karbohidrat berlebih. Karbohidrat dapat menyebabkan naiknya kadar gula, meningkatkan produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan penyumbatan lubang pori-pori dan lain sebagainya.

Pori yang tersumbat merupakan salah satu penyebab gangguan jerawat yang banyak dialami oleh remaja.

Jadi hindari konsumsi karbohidrat secara berlebih agar kecantikan kulit tetap terjaga.

3. Produk susu

Produk susu olahan termasuk dalam jenis makanan yang merusak kulit bila dikonsumsi secara berlebih. Berbagai study dan penelitian menunjukkan adanya hubungan antara jerawat dan konsumsi produk susu berlebih.

Hal ini terjadi karena produksi sel kulit yang meningkat akibat stimulasi yang diberikan oleh hormon yang terkandung dalam produk susu.

4. Lemak tak sehat

Banyak yang beranggapan bahwa semua jenis lemak itu sama, berbahaya dan sebaiknya dihindari terutama saat sedang menjalankan program diet sehat tertentu. Padahal kenyataannya tidaklah seperti itu.

Secara garis besar, lemak terbagi menjadi dua yakni lemak sehat dan lemak tak sehat.

Nah, lemak tak sehat inilah yang merupakan makanan yang merusak kulit sehingga harus diperhatikan asupan perharinya.

Adapun lemak sehat justru berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Oleh karenanya, pastikan untuk mengkonsumsi ikan salmon, biji-bijian dan kacang-kacangan agar kebutuhan tubuh akan lemak sehat selalu terpenuhi.

5. Kopi

Meminum kopi secara berlebih dapat memicu produksi hormon kortisol. Hormon ini dikenal juga sebagai hormon stress.

Ketika seseorang mengalami masalah dengan lonjakan hormon kortisol di tubuhnya, maka bukan kecantikan kulit saja yang akan terganggu, melainkan kesehatan badan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Daftar makanan yang merusak kulit di atas sebagian besar bukan untuk dihindari 100%, namun porsinya harus dibatasi, terutama bagi anda yang ingin memiliki kulit sehat dan cantik.

Selain itu, hindari pula 9 kebiasaan buruk yang merusak kulit jika anda memiliki kulit sensitif.

tags: