5 cara merawat rambut rontok

merawat rambut rontokTidak usah takut atau berkecil hati jika rambut kita terlanjur mengalami kerontokan, masih ada cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi persoalan tersebut.

Meskipun untuk mengatasi hal tersebut membutuhkan waktu cukup lama, namun akan lebih baik dilakukan dari pada hanya berdiam diri.

Berikut ini merupakan 5 cara merawat rambut rontok seperti yang dirangkum dari beberapa ahli kesehatan dan kesuburan rambut.

1. Jahe

Tumbuk dan peras beberapa potong jahe lalu ambil cairannya, gunakan cairan tersebut sebagai media untuk melakukan pemijatan kulit kepala.

Jika tips ini dilakukan secara teratur selama satu bulan penuh maka niscaya kerontokan yang sedang kita alami dapat segera teratasi, waktu yang dibutuhkan tiap orang mungkin berbeda tergantung dari tingkat keparahannya.

Lakukan langkah di atas setiap malam menjelang tidur dan cuci sampai bersih keesokan harinya.

2. Minyak wijen

Hangatkan terlebih dahulu minyak wijen secukupnya, lalu mulailah untuk melakukan pemijatan secara perlahan dan menyeluruh. Pemijatan bisa dilakukan dengan menggunakan jari jemari.

Pemijatan ini dilakukan agar folikel atau pertumbuhan rambut baru dapat lebih sehat dibanding sebelumnya, selain tiu kekuatan akar dapat bertambah secara signifikan.

Yang perlu diperhatikan adalah suhu minyak tersebut, usahakan jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin.

3. Kayu manis

Kita membutuhkan bubuk kayu manis secukupnya, setelah siap campurkan madu dan sedikit olive oil atau minyak zaitun ke dalamnya. Aduk sampai menyatu lalu gunakan untuk pemijatan kulit kepala.

Lakukan secara perlahan dan pastikan mengenai semua area kulit kepala. Lakukan secara teratur setiap menjelang tidur lalu bilas keesokan harinya.

4. Lidah buaya

Dari sekian banyak cara yang dikenal manusia untuk mengobati kerontokan, lidah buaya merupakan tanaman yang paling dikenal dan populer diantara tanaman obat lainnya.

Lidah buaya dapat kita manfaatkan sebagai tonik alami untuk mengatasi kerontokan. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mengambil daging lidah buaya lalu mengoleskannya ke kulit kepala dan tiap helaian rambut.

Jika langkah ini dilakukan sedikitnya 2 kali seminggu maka dalam 4 minggu ke depan kita sudah dapat melihat perkembangannya.

5. Pemijatan

Untuk point ini telah kita bahas bersama-sama secara detail pada beberapa hari yang lalu, untuk informasi detail bisa dibaca di sini [Baca: cara mencegah rambut rontok].

Tips ini bukan saja dapat mengatasi kerontokan, namun juga efektif mencegah terjadinya kerontokan dengan cara memberikan kemudahan kulit kepala dalam menerima suplai nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan.

Suplai vitamin dan nutrisi dapat terganggu jika peredaran darah terganggu, oleh sebab itu pemijatan menjadi salah satu langkah terbaik untuk melancarkan sirkulasi darah agar tubuh dapat mengirimkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan folikel.

tags: ,