5 cara memanjangkan rambut

memanjangkan rambutUntuk memanjangkan rambut memang gampang-gampang susah, banyak dari kita yang meyakini bahwa untuk mendapatkan rambut yang panjang cukup hanya dengan tidak memangkasnya dalam beberapa bulan kedepan.

Keyakinan tersebut tidak sepenuhnya salah namun juga tidak dapat dikatakan benar 100%, alasannya adalah saat panjang maka beban pada akar rambut semakin meningkat.

Jika hal ini tidak dibarengi dengan nutrisi dan langkah yang tepat maka bukan rambut panjang yang akan kita miliki, melainkan kerontokan karena akar tidak mampu menahan beban yang ada.

Ada beberapa tips yang bisa kita coba di rumah untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa melupakan kesehatan dan kekuatan akar rambut kita.

Berikut ini merupakan 5 cara memanjangkan rambut sekaligus membuatnya kuat dan terbebas dari kerontokan dan bercabang pada ujungnya.

1. Aplikasikan masker

Masker ini ditujukan untuk memberi protein dan nutrisi dari luar, untuk membuatnya siapkan terlebih dahulu beberapa bahan dasar di bawah ini:

  • Putih telur
  • Minyak zaitun sebanyak satu sendok teh

Masukkan kedua bahan tadi ke dalam mangkuk lalu aduk hingga berbusa, tunggu beberapa saat lalu kita bisa mulai mengoleskan campuran putih telur dan minyak zaitun tadi ke seluruh kulit kepala.

Diamkan selama 15 menit lalu cuci sampai bersih dengan shampoo ringan agar kotoran dan sisa masker dapat terangkat secara maksimal.

Lakukan tips di atas minimal 2 kali seminggu selama 1 bulan penuh agar kesuburan dan kekuatannya dapat meningkat secra signifikan.

2. Pemijatan kulit kepala

Seperti yang pernah dijelaskan pada halaman ini [Baca: Mencegah rambut rontok], pemijatan ditujukan agar tubuh mampu memberikan suplai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh folikel.

Biasakan untuk melakukan hal tersebut minimal sekali sehari saat menjelang tidur agar peredaran darah tetap lancar dan tidak terhindar dari penyumbatan.

3. Biasakan mengkonsumsi buah dan sayur mayur

Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup agar dapat menjalankan fungsinya, jika fungsi tubuh terganggu maka secara otomatis kesehatannya pun akan jauh menurun.

Selain itu, cara nomor dua hanya bisa bekerja secara maksimal jika dibarengi dengan pemenuhan terhadap asupan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

4. Hindari panas

Jauhkan sebisa mungkin dari hawa panas, hawa panas bisa berupa cuaca dan sengatan sinar matahari atau berada di dekat perapian. Cuaca atau udara yang terlalu panas dapat membuatnya kehilangan kelembaban alaminya.

5. Pangkas ujungnya secara teratur

Langkah ini dilakukan demi menghindari bertambah parahnya rambut bercabang, seperti diketahui bahwa masalah yang kerap muncul pada rambut panjang adalah pecahan pada bagian ujung.

Jika didiamkan dan tidak segera dipangkas maka retakan tersebut akan semakin melebar dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah dikemudian hari.

tags: