4 tips memilih pewarna rambut

memilih pewarna rambutSebagian orang berfikir bahwa memilih pewarna atau cat rambut sangat mudah, namun ketika ditanyakan pada mereka hal apa saja yang musti diperhatikan dalam pemilihan produk tersebut, sebgian besar diantaranya tidak mampu menjawab.

Ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan saat memilih dan menggunakan pewarna untuk rambut, jika faktor penting tersebut tidak diperhatikan dengan baik maka besar kemungkinan akan menimbulkan kerusakan.

Untuk membahas lebih dalam tentang faktor-faktor penting tersebut, kita akan mulai dari hal yang paling pokok terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan point yang tidak begitu krusial.

Berikut adalah 4 tips memilih pewarna rambut yang benar agar hasil yang didapat maksimal dan tidak menyebabkan munculnya hal-hal yang tidak kita inginkan.

1. Faktor warna kulit

Kita tentu telah mengerti bahwa ada beberapa warna yang tidak cocok jika dikombinasikan dengan warna tertentu, kita ambil contoh kulit yang lebih gelap tidak akan cocok dengan warna orange atau yang bersifat terang lainnya.

Bisa kita bayangkan betapa konyolnya jika seseorang yang memiliki warna kulit lebih gelap menggunakan pewarna rambut orange, merah, pirang dan sejenisnya.

Coklat atau hitam akan lebih cocok digunakan untuk kita yang berkulit hitam.

2. Kandungan

Pada beberapa produk masih sering ditemukan adanya penggunaan senyawa kimia yang sebenarnya dapat membahayakan para penggunanya.

Sebagian zat kimia memang diperbolehkan selama tidak menimbulkan kerusakan dan cacat pada konsumen. Meskipun demikian tidak semua orang dapat menggunakan produk tersebut.

Tingkat sensitif dan jenis kulit yang berbeda-beda membuat senyawa tersebut tidak dapat diterima dengan baik oleh beberapa jenis kulit. Inilah yang sebenarnya harus kita perhatikan.

3. Harga

Meskipun diakui atau tidak, produk yang lebih mahal biasanya memiliki efek dan manfaat yang lebih bagus dibanding dengan produk murah, perbedaan harga ini disebabkan karena proses pembuatan dan bahan yang digunakan.

Oleh sebab itu kita harus bisa selektif dalam memilih suatu produk, jangan mudah tertipu dengan harga yang dibanderol oleh produsen.

4. Tanyakan ke ahlinya

Jika kita tidak mengerti betul dengan apa yang sedang kita hadapi, maka cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah menanyakan langsung pada orang-orang yang kompeten.

Ini untuk menghindari informasi menyesatkan, kita tahu bahwa banyak keyakinan dan mitos yang berkembang di tengah masyarakat karena minimnya informasi yang bersumber dari para ahli.

Tanyakan terlebih dahulu tentang produk kecantikan pada ahlinya, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan baik sekarang atau di masa yang akan datang.

Ingat, tidak semua produk berbahaya menunjukkan efek instan, beberapa diantaranya justru baru menampakkan gejala aneh beberapa bulan atau bahkan tahun kemudian.

Dengan memperhatikan dan mengikuti empat hal di atas, mudah-mudahan dapat terhindar dari segala bahaya yang mengancam kesehatan rambut kita kedepannya.

tags: